10 Penerbit Buku Bergerilya di Gang-gang Kecil Bojonegoro

0
962
Foto: ilustrasi

Di kota kecil macam Bojonegoro, ternyata terdapat banyak penerbit buku. Kalau kemajuan sebuah kota diukur salah satunya dengan seberapa bergeliat dunia perbukuannya, maka Bojonegoro masuk dalam kategori kota yang, semoga saja, sangar. Paling tidak bila dibandingkan dengan kota-kota sekitar.

Kebanyakan penerbit buku di Bojonegoro tidak memiliki kantor. Rumah pengelola bisa jadi sekaligus kantor. Asalkan ada perangkat seperti komputer yang nyambung internet, kerja penerbitan bisa lancar berjalan. Kebanyakan dari mereka juga tidak memiliki mesin percetakan sendiri. Mereka mencetak di beberapa percetakan ternama dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan hasil cetak para penerbit besar macam Gramedia atau Bentang.

Mereka memang beroperasi di gang-gang kecil perkampungan. Meski demikian, mereka tidak bisa diremehkan. Mereka beroperai tidak kalah bersemangat dengan penerbit-penerbit besar di kota besar.

Berikut ini adalah nama-nama penerbit yang ada di Bojonegoro beserta alamatnya yang (sementara) saya ketahui.

  1. Nun Buku.

Penerbit ini masih aktif menerbitkan buku sastra, laporan jurnalistik,  laporan penelitian, catatan ringan tentang gaya hidup, dan lain sebagainya. Penerbit ini berkantor di Desa Klampok Gang Branjangkawat Kecamatan Kapas. Penulis hanya perlu mengirimkan naskahnya ke email penerbit ini dan melakukan kontrak penerbitan. Penulis juga akan diajak berunding mengenai bukunya mulai dari kelayakan naskah, tata bahasa, tampilan isi dan sampul, penjualan, biaya penerbitan dan sebagainya.

Kualitas buku di penerbitan ini tak kalah bagus dengan penerbit-penerbit besar macam Gramedia atau Bentang. Penulis dijamin akan percaya diri saat bukunya mejeng di toko buku bersanding dengan buku terbitan Gramedia. Nun Buku memilki jaringan percetakan besar di Surabaya, Yogyakarta, maupun Solo yang memungkinkan kualitas cetak buku terjaga maksimal.  Nun Buku dikelola oleh Nanang Fahrudin dan Mohamad Tohir. Email: nunbuku@gmail.com

  1. Rumah Akar Literasi.

Penerbit ini banyak menerbitkan  buku sastra karya penyair-penyair baik lokal maupun nasional. Pengelola penerbitan ini menyediakan ruang dialog untuk perbaikan naskah dengan cukup intens. Kurasi naskah di Rumah Akar Literasi cukup serius. Pengelola penerbitan ini adalah Timur Budi Raja, seorang penyair Bojonegoro asal Bangkalan Madura.

Alamat Rumah Akar Literasi di Dusun Jumokulon Desa Samberan Kecamatan Kanor. Penerbit ini memiliki jaringan percetakan di Surabaya, Yogyakarta, maupun Jakarta. Email: rumahakar@gmail.com.

  1. Fariha Book.

Penerbit ini beralamat di Jalan Panglima Soedirman Gang Bu Jalmo, Bojonegoro Kota. Buku – buku yang sudah diterbitkan Fariha Book di antaranya Presiden Hati, Moeslimpreneur yang Beruntung, dan Story Name Child. Pengelola penerbit ini Mustaghfirin. Email farihabook@gmail.com.

  1. Abda Publisher.

Penerbit ini beralamat di Jalan Panglima Polim Gang Sidodadi. Hingga saat ini penerbit ini telah menerbitkan banyak sekali buku, baik itu agama, sastra, maupun motivasi. Pengelola penerbitan ini adalah Ahmad Budi Ahda, lulusan Universitas Al Azhar Mesir yang gigih dan enerjik terhadap geliat ilmu pengetahuan. Email: penerbitabda@gmail.com.

  1. GusRis Foundation.

Hingga saat ini sudah 10 judul buku yang diterbitkan oleh GusRis Foundation. Diantaranya Sastra dan Catatan Kecil Tentangnya, Masjid Tanpa Kubah, Gara – Gara Kagiri-giri, Lelaki Berwajah Nasi, dan lain sebagainya.  Penerbit ini didirikan oleh Agus Susanto Rismanto atau biasa disapa Gus Ris. Email: gusrisfoundation@gmail.com

  1. Blok Media Promosindo.

Salah satu buku terbitannya adalah Sisi Lain Orang Migas, sebuah laporan jurnalistik tentang kehidupan penuh inspirasi para pejabat di perusahaan Migas di Bojonegoro yang ditulis oleh A Qohhar dkk. Blok Media Promosindo menerbitkan banyak ragam naskah, lebih-lebih karya jurnalistik. Penerbit ini beralamat di Gang Salafiyah Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kota.

  1. Soega Publishing.

Penerbit ini banyak menerbitkan buku dari penulis-penulis pemula dari berbagai daerah baik dalam maupun luar kota. Dengan memaksimalkan media sosial, meski beralamat di desa terpencil, penerbit ini tetap bisa bergerak. Soega Publishing beralamat di Desa Klampok Gang Dahlan Kecamatan Kapas. Email: soegapublishing@gmail.com.

  1. Penerbit Jengker.

Jengker menerbitkan buku-buku motivasi para insan kreatif. Beberapa buku terbitan Jengker di antaranya Pra Pra Pra, Catatan Hati, Curhatku (catatan pelajar SMAN 2 Bojonegoro), dan lain – lain. Jengker dikelola oleh Prawoto R Sujadi. Penerbit Jengker beralamat di Desa Pacul Gang Kontrakan Kecamatan Bojonegoro Kota.

  1. Yanto Publisher.

Di antara buku terbitan Yanto Publisher adalah Samudera Alfatihah dan Jagad Para Murid. Keduanya karya bupati Bojonegoro Suyoto. Yanto Publisher dikelola oleh Yanto, praktisi percetakan senior di Bojonegoro. Beralamat di Jalan Gajah Mada Bojonegoro.

  1. Blue Print Publisher.

Buku terbitan Blu Print salah satunya adalah Sheraiser Bojonegoro. Novel karya Atho RM ini adalah sebuah persembahan untuk penyanyi keren Sherina. Blue Print memiliki percetakan sendiri yang memungkinan kontrol terhadap hasil cetak bisa terjaga dengan baik. Pengelola penerbit ini Parto Sasmito, jebolan Sekolah Menulis SEC di Bojonegoro. Alamat penerbit di Desa Sekaran Kecamatan Balen.

 

Sebenarnya masih ada lagi selain yang saya sebut di atas. Namun banyak dari mereka yang sulit atau tidak terdeteksi. Mereka muncul di saat-saat tertentu saja setiap kali ada peristiwa penting atau besar.

Maka, jangan beranggapan bahwa di Bojonegoro tidak ada penerbit buku. Mereka boleh beroperasi di gang-gang kecil perkampungan. Tapi plisssss, jangan remehkan kerja kreatif mereka ya!

__________

*) Penulis adalah perancang sampul buku di penerbit Nun Buku

 

SHARE
Tukang bikin sampul buku dan pengelola penerbit NunBuku. Tinggal di Bojonegoro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here