10 Tips Simpel Menulis Buku

0
397

SIAPAPUN BISA menjadi penulis buku. Ya, siapapun. Asal punya kemauan kuat untuk mewujudkannya pasti akan bisa menjadi seorang penulis buku. Dan di dunia kepenulisan, tak ada satu rumus yang kemudian bisa dijadikan pegangan bagi calon penulis buku. Karena setiap orang selalu memiliki caranya sendiri.

Tapi tips menulis tetap diperlukan untuk membantu seseorang agar bisa menghasilkan karya. Tips menulis bukan panduan kaku, melainkan sekadar cara memudahkan seseorang yang bingung untuk memulai hingga menyelesaikan tulisan.

Nah, berikut 10 tips simpel menulis buku yang bisa kamu coba yang diolah dari laman Goinswriter.  Oh ya, kalau sudah jadi buku nanti, kirim ke penerbit nunbuku ya. Semoga bisa diterbitkan jadi buku dan dibaca banyak orang. Semangar!

1. Tentukan tema apa yang akan kamu tulis.

Tulisan bagus selalu punya tema tertentu. Coba kamu tulis tema dan kenapa tema itu penting. Tulis dalam sebuah kalimat, lalu kembangkan menjadi satu paragraf, dan keembangkan lagi menjadi satu halaman. Buat daftar isi untuk membantu membimbing kamu saat menulis. Bagi ke dalam beberapa bab. Pikirkan bukumu dari segi awal, tengah, dan akhir. Jangan terlalu rumit dulu.

2. Harus punya target menulis tiap hari.

Banyak penulis yang sebelumnya sudah memiliki pekerjaan dan menjadi orang sibuk. Namun, mereka akan meluangkan satu atau dua jam setiap pagi atau jadwal tertentu untuk menulis satu halaman sehari. Satu halaman sehari hanya sekitar 300 kata. Kamu tidak perlu banyak menulis. Tapi perlu sering menulis.

3. Cari waktu yang tepat untuk mengerjakan buku kamu setiap hari.

Konsistensi membuat kreativitas lebih mudah. Kamu memerlukan batas waktu harian untuk melakukan pekerjaan menulis buku. Jangan biarkan waktu yang sudah kamu tentukan lewat begitu saja tanpa ada tulisan. Kamu tidak perlu memikirkan kapan akan menulis. Bila sudah waktunya tiba, saatnya menulis.

4. Menulislah di tempat yang sama setiap waktu.

Jadikan lokasi menulis menjadi tempat khusus. Di manapun itu. Sehingga saat kamu masuk lokasi itu kamu siap untuk bekerja. Ini harus mengingatkanmu pada komitmen menyelesaikan buku.

5. Tetapkan total jumlah kata.

Begitu kamu mulai menulis, Anda memerlukan jumlah kata total untuk buku. Misalnya kelipatan 10 ribu atau lebih. Berikut adalah beberapa prinsip panduan umum yang bisa membantumu:
– 10.000 kata = sebuah pamflet atau kertas putih bisnis. Waktu baca 30-60 menit.
– 20.000 kata = e-book pendek atau manifesto. Waktu baca 1-2 jam.
– 40.000-60.000 kata = buku nonfiksi standar/novel. Waktu baca 3-4 jam.
– 60.000-80.000 kata = buku nonfiksi panjang/novel standar. Kebanyakan buku Malcolm                 Gladwell cocok dalam rentang ini. Waktu baca = 4-6 jam.
– 80.000 kata-100.000 kata = buku nonfiksi yang sangat panjang / novel panjang.
– 100.000 kata ke atas = novel epik-panjang / buku akademis / biografi.

6. Beri target mingguan.

Buatlah target jumlah kata untuk menjaga agar tetap objektif. Rayakan kemajuan yang telah kamu buat sambil tetap bersikap jujur ​​tentang berapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

7. Dapatkan umpan balik dengan cepat.

Biarkan dalam proses menulis, orang lain juga melihatnya. Bahkan kamu harus sering-sering meminta komentar orang lain. Mintalah beberapa mentor/teman/guru/orang terpercaya untuk membantumu menyelesaikan buku.

8. Segera kirim ke penerbit.

Tidak peduli apapun hasilnya, selesaikan bukunya dan segera tetapkan untuk mengirim hasil karya ke penerbit. Soal diterima atau tidak, jangan dipikirkan. Yakin dulu.

9. Jangan takut gagal.

Dan jika tulisan anda menemui kegagalan jangan bersedih. Tidak apa-apa dengan kegagalan, karena bisa jadi itu baik bagimu. Itu akan menguji tekadmu melanjutkan menjadi penulis. Gagal sekarang bukan gagal selamanya.

10. Tulis lagi buku lain.

Kebanyakan penulis merasa malu dengan buku pertama mereka. Tapi tanpa buku pertama itu, Anda tidak akan pernah mempelajari apapun. Gagal lebih awal lebih baik dan coba lagi. Inilah satu-satunya cara kamu menjadi lebih baik. Kamu harus berlatih dan harus terus menulis. Mulai lagi menulis.

Bagaimana? Kamu tertantang untuk menulis buku kan? Ayo mulai merancang menulis buku. Jika kamu ingin berdiskusi tentang dunia menulis buku, bisa mengirim pengalaman atau kesulitan-kesulitanmu menulis ke gangkecil@gmail.com atau nunbuku@gmail.com

SHARE
Tukang bikin sampul buku dan pengelola penerbit NunBuku. Tinggal di Bojonegoro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here