7 Langkah Simpel Agar Membaca Buku Lebih Efektif

0
1459

KAMU INGIN MENJADI PENULIS yang baik? Jika ya, jangan lupa juga bahwa kamu perlu menjadi pembaca yang baik. Membaca buku terkadang melelahkan, namun terkadang juga bikin nggak bisa berhenti. Membaca buku juga membutuhkan strategi, jadi tidak asal baca.

Sederhanya begini, semakin banyak buku berkualitas yang bisa kita baca, semakin baik bagi kita. Masalahnya, seringkali kita membaca buku tapi sering lupa dan sulit memahami apa yang sedang kita baca.

Nah, oleh karena itu ada 7 strategi membaca yang cukup simpel yang memungkinkan kamu tidak hanya membaca banyak, namun juga memahami dan menikmati apa yang dibaca. Apa saja ya?

1. Sebelum membaca ajukan pertanyaan.

Kamu bisa membuat daftar pertanyaan, seperti Apa yang sudah saya ketahui? Apa lagi yang ingin saya ketahui? dan pertanyaan lain. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan memberi pondasi untuk kamu memperoleh gambaran apa yang akan didapat dari buku tersebut.

2. Saat membaca berhentilah sebentar dan ajukan lebih banyak pertanyaan.

Jangan membaca terus menerus. Ambilah jeda sebentar untuk memastikan bahwa apa yang kamu baca tertangkap. Tanyakan pada diri sendiri apakah ini masuk akal? Bagaimana informasi ini terhubung dengan apa yang sudah saya ketahui? Apa maksud penulis tentang …? Saya masih perlu tahu lebih banyak tentang …?

Kamu harus menjadi pembaca yang kritis. Saat kamu membaca, kamu harus terus mengevaluasi apa yang sedang dikatakan penulis. Hal itu untuk mengetahui proses berpikir penulis.

 

3. Pada sisi sulit dipahami, ambil jeda agak lama.

Jika hendak memastikan bahwa kamu sepenuhnya memahami apa yang sedang ditulis dalam buku, penting untuk berhenti dan melakukan hal berikut:
– Jeda dan pikirkan apa yang telah dibahas
– Carilah kata-kata yang tidak Anda mengerti
– Diskusikan apa yang Anda baca dengan seseorang

4. Visualkan apa yang kamu pahami.

Untuk lebih memahami apa yang sedang kamu baca, penting untuk membuat representasi visual dari apa yang sedang dibahas. Misalnya membuat skema hasil memahami bacaan.

5. Membuat Koneksi

Bagian penting dalam belajar dan memahami sesuatu yang baru adalah menghubungkannya dengan potongan informasi yang sudah kamu pahami. Hal itu bisa sesuai tema, penulisnya, dan lainnya.

6. Buat catatan-catatan kecil

Cara terbaik untuk mencatat saat membaca adalah:

– Carilah ide utama dan fokus pada hal itu
– Gunakan kata-kata yang kamu mengerti
– Buat catatan sesingkat mungkin
– Gunakan judul sederhana dan sub judul untuk mengatur catatan Anda

7. Setelah membaca, temukan gagasan utama dan kritisi

Menangkap dan memikirkan gagasan penting dalam buku adalah sesuatu yang kadang terlewatkan usai membaca. Coba kamu bertanya pada diri sendiri
– Apa hal terpenting yang Anda ingat tentang buku ini?
– Apa pesan utama dari buku ini?
– Apa yang dimaksud dengan ide dalam buku ini?
– Apa bias dari buku ini?
– Apa isi buku ini?

Nah, pertanyaan terakhir akan memberimu kesempatan melakukan kajian lebih lanjut pada tema buku yang sedang kamu baca. Jika 7 strategi itu dicoba dijalankan dan dibiasakan, maka menulis resensi atau membuat catatan usai membaca buku akan terasa menyenangkan.

Selamat mencoba!

SHARE
Penulis menyelesaikan magister Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Belajar sejarah lokal secara otodidak. Ikut menerbitkan buku Bodjonegoro Tempo Doeloe (2019)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here