Dunia dalam Gelombang 12 Radio Lokal Bojonegoro

0
847
foto: ilustrasi

Nielsen Radio Audience Measurement melakukan survei yang kemudian dirilis pada akhir 2016. Hasilnya menunjukkan bahwa 57% dari total pendengar radio berasal dari Generasi Z dan Millenials atau para konsumen (generasi) masa depan. Saat ini 4 dari 10 orang pendengar radio mendengarkan radio melalui perangkat yang lebih personal yaitu mobile phone.

Selain itu, meskipun internet tumbuh pesat ternyata tidak lantas jangkauan pendengar radio menjadi rendah. Kendati penetrasi media televisi (96%), Media Luar Ruang (52%) dan Internet (40%) masih tinggi namun media radio masih terbilang cukup baik di angka 38 persen pada kuartal ketiga 2016.

Nah, bagaimana dengan kondisi radio di Kabupaten Bojonegoro? Ada fenomena menarik yang terlihat. Yakni radio Bojonegoro malah tumbuh dan jumlahnya makin banyak.  Dari era AM ke FM cukup terlihat perkembangannnya. Mulai dari tiga radio sampai belasan radio yang mengudara saat ini. Bahkan para insan radio membentuk sebuah perkumpulan antar Radio Komersial dan Komunitas yang berijin maupun yang masih dalam proses perijinan. Maka terbentuklah Forum Radio Bojonegoro (FRB).

Nah, berikut daftar radio di Bojonegoro yang mengudara saat ini:

Bila melihat masa ke masa, peran radio memang sangatlah menarik. Bagaimana Bung Tomo menggelorakan semangat arek-arek Surabaya untuk melawan kehadiran sekutu yang ingin melucuti senjata pejuang waktu itu dengan orasi lewat Radio. Atau bagi kita yang pernah hidup di era 80 an dan 90 an dengan program sandiwara radio. Radio selalu dekat di hati.

Dan kini perkembangan radio makin menguat dengan hadirnya FRB. Radio di Bojonegoro kini sudah berjaringan dengan program yang dibentuk dan disajikan bersama, yakni Kilas Berita Tiga (KBT) yang hadir setiap hari jam 15.00 WIB dan diputar serentak di 12 radio anggota FRB.

Seakan tak mau hilang di telan zaman, radiopun mengikuti arus perkembangan Informasi teknologi (IT), FRB yang berperan menyatukan belasan radio inipun mulai membuat website bersama, di mana radio-radio anggota yang sudah mengaplikasikan Live Streaming dapat diakses dalam website tersebut. www.forumradiobojonegoro.com

____________

*) Penulis adalah pengurus Forum Radio Bojonegoro, juga manager di Radio SBI FM. 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here