Menikmati Onde-Onde di Sore yang Gerimis

0
381
foto: selerasa.com

 

Gerimis sore hari, akan nikmat jika ditemani kudapan onde-onde dan secangkir kopi. Hmmm, betapa nikmatnya makanan tradisional itu. Apalagi jika menyantapnya bareng teman atau orang terkasih sambil bertukar cerita.

Onde-onde merupakan sejenis kue jajanan pasar yang populer di negara kita. Tahu nggak? Ternyata onde-onde sudahh dikenal sejak jaman Majapahit lho.

Makanan yang mempunyai ciri khas taburan wijen di kulit luarnya ini. Biasanya terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang umumnya berbentuk bulat dan di dalamnya biasa diisi pasta kacang hijau atau gula merah.

Kue ini konon berasal dari negri Tirai Bambu dan pertama kali dibuat di masa Dinasti Zhou (1045-256 SM). Di daerah Chang an, kue onde-onde dikenal dengan nama ludeui.

Bagaimana cara membuat kue onde-onde? @cakedankue mempunyai resep yang bisa dicoba.

Onde-Onde Pandan by @fridajoincoffee Bahan Isi: 100 gr kacang hijau kupas rendam 1 jam 60 gr gula pasir  2 lembar daun pandan simpulkan ¼ sdt garam  100 ml santan dari ½ butir kelapa .. .. . Bahan Kulit: 250 gr tepung ketan putih  50 gr kentang kukus haluskan 60 gr gula pasir halus  ½ sdt garam  150 ml air hangat 50 ml jus pandan  100 gr wijen untuk pelapis minyak padat untuk menggoreng/minyak goreng biasa .. .. . Cara Membuat: 1. Isi: kukus kacang hijau 20 menit. Angkat. Haluskan dengan blender, bisa ditambah sedikit bagian santan supaya lebih mudah menghaluskannya. Lalu tambahkan gula pasir, daun pandan, garam, dan sisa santan. Masak sambil diaduk sampai kalis. Angkat. Biarkan dingin. Timbang masing-masing 15 gram. Bulatkan. 2. Kulit: campur tepung ketan putih, kentang kukus, gula pasir halus, dan garam. Aduk rata.Tuang air hangat dan jus pandan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin. Timbang masing-masing 20 gram. 3. Pipihkan adonan kulit. Beri isi. Bentuk bulat. Celup air dikit (tidak perlu dicelupkan air jg tidak apa2). Gulingkan di atas wijen. Agak ditekan2, dibulatkan lagi. 4. Cemplungkan adonan onde-onde ke dalam MINYAK DINGIN, lalu nyalakan kompor api kecil sambil diaduk-aduk berputar sampai mengembang. Besarkan apinya menjadi api sedang. Goreng sampai matang. .. .. . Catatan: 1. Jus pandan dari campuran 20 lembar daun pandan suji + 100ml air, diblender dan diperas, ambil jusnya 50ml.  2. Onde-onde harus dicemplungkan ke dalam minyak yang masih dingin. Baru dinyalakan api, agar onde2 tidak pecah/meletus. 3. Resep untuk 24 onde-onde. 4. Onde-onde yang original bisa lihat

A post shared by Resep cake & kue, desain cake (@cakedankue) on

Nah, jika kamu pas di Jawa Timur, bisa juga menikmati onde-onde di depot HTS Lawang

Mandatory visit kalo lagi mau ke Malang, Onde-Onde-nya HTS di Lawang. ENDEZ! ❤️

A post shared by Vicky Y | Food & Lifestyle (@vickyyuwono) on

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here