Merawat Tradisi Silaturahmi di YBSP

0
1008

Yayasan Bhakti Songo Pitu biasa disingkat dengan YBSP. Yayasan ini didirikan dengan semangat kebersamaan orang-orang yang pernah mengenyam pendidikan di Madrasah Tsanawiyah/Aliyah Islamiyah Attanwir. Sekolah tersebut berada di Desa Talun Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Songo Pitu adalah angka tahun angkatan Aliyah, yakni 97.

Sejak berdiri, yayasan ini tak pernah sepi dari aneka kegiatan yang memberi manfaat yang tak bisa dihitung. Salah satu kegiatan adalah memberi bantuan kepada anak-anak yatim dengan cara memberi santunan. Bantuan itu tentu merupakan aksi nyata yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh si penerima.

Kegiatan lain adalah pemberian pengobatan kepada alumni dan ustadz (guru) yang sedang sakit. Ini adalah kegiatan mulia luar biasa, apalagi mengingat berobat saat ini seringkali membutuhkan biaya yang tak sedikit. Butuh ketekunan mencari dokter, bikin janji, mengantar ke klinik atau rumah sakit, hingga memantau kesehatan yang sakit dari waktu ke waktu.

Dari alumni yang tercerai berai oleh batas ruang dan waktu, penghuni YBSP membikin jejaring. Mereka membuat grup di WhatsApp dan melakukan banyak sekali kegiatan. Inilah yang boleh saya sebut sebagai rumah besar yang indah. Ya, YBSP adalah rumah besar yang indah. Betapa banyak yang dikorbankan oleh mereka demi ghirah kemanusiaan dan kebersamaan.

Saya sendiri perlu memohon maaf karena tak bisa aktif dalam tiap kegiatan. Tapi,  meski demikian melihat gairah penghuni “rumah besar” tersebut sungguh ada rasa bahagia yang tak terkira. Mereka adalah pemilik semangat sebagai pemberi bukan peminta. Mereka ada untuk menjalin silaturahmi dan bermanfaat bagi sesama.  Dan memang begitulah guru-guru kami dulu mengajarkan: sebaik-baik manusia adalah yang bisa memberi manfaat kepada sesama manusia.

Tuhan Maha Baik. Semoga YBSP selalu dilimpahi keberkahan sepanjang masa. Bisa memberi manfaat besar bagi kebaikan umat manusia dan dunia. Amin ya Robb.

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here