Saya Bertani dan Berdagang Beras

0
985

Boleh saja usianya muda. Tapi kiprahnya untuk ikut membantu masyarakat sekitar tak terhitung lagi jumlahnya. Ya, dia adalah Iwan Siswoyo, ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Deru, Kecamatan Sumberrejo. Iwan, panggilan akrabnya baru saja memperoleh penghargaan saat Hari Jadi Bojonegoro (HJB) beberapa waktu lalu.

Iwan adalah sosok yang ulet. Tak hanya aktif di KIM guna memajukan desanya, ia juga seorang petani yang tekun. Di saat anak muda banyak yang menjauhi dunia pertanian, ia malah nyemplung ke sawah dan menggarap sawahnya. Hasilnya, ia mencoba mem-packing beras hasil panennya dan dijual sendiri melalui media sosial.

Tapi jangan mengira Iwan hanya aktif di satu-dua bidang. Karena ternyata di dunia media ia sangat berpengalaman. Ia menjadi Manager On Air Radio SBI. Dunia radio menjadi bagian yang sulit dipisahkan dalam kesehariannya.

Di blognya iwansiswoyo.wordpress.com, ia membeberkan panjang lebar tentang dunia pertanian Bojonegoro dan permasalahan yang dihadapi. Salah satunya adalah petani masih kurang terbuka dengan hal-hal baru. “Di Desa saya hampir 80 % semua di jual ke penebas. Dan tahukan di bawa kemana gabah hasil panen tersebut? Semua di bawa ke luar Daerah bahkan kebanyakan di bawa ke Jawa Tengah seperti pati dan kudus,” katanya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here