Diurna  

10 Strategi Komunikasi Politik yang Efektif untuk Membangun Citra Positif, Perhatikan Personal Storytelling

Personal Branding/pixabay

Komunikasi politik menjadi sangat penting, apalagi bagi mereka yang akan maju dalam pemilihan legislatif maupun eksekutif. Komunikasi politik yang efektif akan mampu membangun citra positif. Namun sebaliknya, jika komunikasi politik jelek, maka akan mengkerdilkan citra diri dan menjadi negatif.

Definisi Komunikasi Politik

Dan Nimmo (1989:10) mendefinisikan komunikasi politik sebagai kegiatan komunikasi berdasarkan konsekkuensi-konsekuensi aktual maupun potensial yang mengatur perbuatan manusia di dalam kondisi-kondisi konflik.

Prof. Miriam Budiardjo (1982) memberikan definisi komunikasi politik merupakan salah satu fungsi partai politik menyalurkan aneka ragam pendapat dan aspirasi masyarakat serta mengaturnya sedemikian rupa untuk diperjuangkan menjadi kebijakan politik.

Strategi Komunikasi Politik

Strategi komunikasi politik yang efektif adalah kunci dalam membangun citra positif dan memenangkan dukungan dari pemilih. Baik untuk calon legislatif (caleg) maupun calon presiden (capres), berikut adalah beberapa komponen penting dari strategi komunikasi politik yang dapat membantu meraih kesuksesan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *