11 Olahan Kurma yang Cocok untuk Suguhan Lebaran

Olahan Kurma untuk Lebaran/Sumber: Pixabay

Kurma adalah buah kering yang berasal dari pohon kurma. Selain dimakan langsung sebagai camilan atau sebagai bahan baku dalam masakan, kurma juga dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat dan bergizi.

Apalagi, kurma memiliki sejarah tersendiri bagi umat Islam. Berikut adalah beberapa contoh olahan makanan dan minuman dari kurma:

1. Smoothie kurma:
Campurkan kurma segar, susu almond, dan es batu dalam blender. Haluskan hingga menjadi smoothie yang lembut dan siap disajikan.

2. Kurma panggang:
Belah kurma menjadi dua bagian dan buang bijinya. Isi kurma dengan keju krim atau pasta almond, panggang di oven selama 10-15 menit hingga keju atau pasta almond meleleh.

3. Kurma stuffed:
Belah kurma menjadi dua bagian dan isi dengan kacang kenari atau almond. Taburi dengan bubuk kayu manis dan madu, lalu panggang di oven selama 10-15 menit hingga empuk.

Baca Juga:  Cara Membuat Pudot atau Puding Sedot yang Segar dengan Modal Pop Ice dan Nutrijel, Ide Jualan Menarik!

4. Kurma salad:
Potong kurma segar menjadi potongan kecil dan campurkan dengan irisan apel, sayuran segar seperti selada dan mentimun, kacang-kacangan panggang, dan saus salad favorit Anda.

5. Teh kurma:
Rebus kurma segar bersama dengan air dan jahe. Saring dan tambahkan madu atau gula secukupnya.

6. Smoothie bowl kurma:
Campurkan kurma segar, pisang, yogurt Greek, dan es batu dalam blender. Tuangkan dalam mangkuk dan taburi dengan granola, buah-buahan segar, dan topping favorit Anda.

7. Kurma kismis:
Lumatkan kurma segar dan campurkan dengan kismis. Gulung campuran menjadi bola kecil dan simpan di lemari es selama beberapa jam hingga keras.

Jika Anda ingin membuat olahan kurma yang cocok untuk suguhan lebaran yang lezat, klik disini untuk mengetahui resep dan cara membuatnya.

Baca Juga:  Kue Nastar Khas Lebaran Ternyata Asalnya dari Belanda, Ini Jenis dan Resepnya

Kue dari bahan kurma

8. Kue kurma:

kue kurma/sumber: resepkoki

Campurkan tepung terigu, gula, bubuk kayu manis, baking powder, dan kurma cincang dalam mangkuk. Tambahkan telur, minyak, dan susu, aduk hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dioles minyak, panggang di oven selama 25-30 menit hingga matang.

9. Kue kurma panggang:
Campurkan kurma cincang, kismis, tepung terigu, baking powder, gula, dan susu dalam mangkuk. Tambahkan telur dan minyak, aduk hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dioles minyak, panggang di oven selama 20-25 menit hingga matang.

10. Kue kurma isi kacang:
Campurkan tepung ketan, gula, santan, dan baking powder dalam mangkuk. Ambil sedikit adonan dan pipihkan, isi dengan kacang hijau dan kurma cincang, bulatkan adonan dan panggang di atas api hingga matang.

Baca Juga:  Ruang Renung Pasca Lebaran

11. Kue kurma mini:
Campurkan tepung terigu, baking powder, dan gula dalam mangkuk. Tambahkan telur, minyak, dan susu, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan kurma cincang dan aduk rata. Tuangkan adonan ke dalam cetakan muffin yang sudah dioles minyak, panggang di oven selama 15-20 menit hingga matang.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *