4 Prinsip Dasar dalam Komunikasi dan Komponennya

Prinsip Komunikasi/Pixabay

Komunikasi sangat penting bagi manusia. Manusia saling mengenal dan membangun peradaban, salah satunya adalah peran komunikasi. Nah, apa sebenarnya komunikasi itu?

Definisi Komunikasi

Thomas M. Scheiwadael dalam Mulyana (2001), mengemukakan bahwa berkomunikasi merupakan proses untuk menyatakan dan mendukung identitas diri, membangun kontak social
dengan orang sekitar dan mempengaruhi orang lain untuk merasa, berfikir, dan berprilaku seperti uang diinginkan

4 Prinsip Dasar Komunikasi

Menurut Seiler (dalam Arni, 2007) ada empat prinsip dasar dalam komunikasi:

1. Komunikasi adalah suatu proses, artinya bersifat dinamis, dapat menyesuaikan diri dengan kenyataan.
2. Komunikasi adalah system, artinya bahwa komunikasi terdiri atas beberapa komponrn yang mempunyai tugas masing-masing dan berkaitan satu sama lain.
3. Komunikasi bersifat interaksi dan transaksi, artinya ada proses saling tukas komunikasi
4. Komunikasi dapat terjadi disengaja ataupun tidak disengaja. Terjadi disenagaj apabila pesan yang mempunyai maksud tertntu dikirimkan kepada penerima yang dituju, sedangkan situasi komuniaksi yang tidak sengaja dapat diterima oleh orang lain dengan sengaja.

Baca Juga:  Mindfulness Healing Bersama HMPS BKI STAI Attanwir dan Kampoong Hening

Komponen Komunikasi

Menurut Wahyau (2010) komponenan komunikasi adalah sebagai
berikut :

1. Komunukator.
Komunikator (sender atau sumber) adalah sumber informasi yang menciptakan pesan sekalgus menyampaian pesan kepada khalayak dengan mneggunakan saluran komunikasi dan media massa.

2. Pesan
Yakni pernyataan yang didukung oleh lambang. Artinya informasi yang merupakan isi (konten) yang akan disampaikan atau didustribuskan oleh komunikator melalaui saluran. Isi pesan beragam seperti berita, informasi umum, iklan, filem, hiburan dll.

Baca Juga:  SJS #2 Hadirkan Ahmad Taufiq, Diskusi tentang Komunikasi Massa dan Masyarakat Digital

3. Media
Saluran yang mendukung pesan. Media sebagai sarana atau instrument yang digunakan oleh komunikator untuk mengirumkan pesan dalam beragam bentuk kepada khalayak. Media mampu menjangkau khalayak dalam jumlah yang banyak , serempak, cepat dan mampu menghasilkan efek, baik secara langsung mampu tidak lansgung.

4. Khalayak
Yakni pihak yang menerima pesan dan menjadi sasaran yang dikirimkan oleh komunikator. Khalayak adalah target dari beragam bentuk pesan, sekaligus pihak yang memahami serta memaknai pesan.

5. Efek
Dampak sebagai pengaruh pesan. Efek dalam proses komunikasi merupakan ukuran antara yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima pesan dan setelah mengalami distribusi pesan. Pengaruh dapat dilihat dalam bentuk pikiran , perasaan ataupun prilaku yang muncul setelah menerima pesan.

Baca Juga:  Jaran Goyang, Nella Kharisma dan Pesan Cinta untuk Semua

6. Umpan balik

merupakan tindakan yang muncul setelah efek komunikasi berlangung pada khalayak penerima pesan, umpan balik diperlukan untuk mengetahu keberhasilan dari sebuah pesan yang disistribusikan, umpan balik juga dapat diartikan sebagai reaksi atau respon.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *