Story  

5 Daerah Paling Makmur di Jawa Timur: Kamu Pasti Terkejut yang Nomor 1 Bukan Malang atau Sidoarjo, Tapi…

5 Daerah Paling Makmur di Jawa Timur Kamu Pasti Terkejut yang Nomor 1 Bukan Malang atau Sidoarjo, Tapi...
5 Daerah Paling Makmur di Jawa Timur Kamu Pasti Terkejut yang Nomor 1 Bukan Malang atau Sidoarjo, Tapi... (Sumber: Instagram)

Gangkecil – Inilah beberapa daerah di Jawa Timur yang telah dianugerahi gelar wilayah paling sejahtera di seluruh provinsi Jatim.

Penilaian ini berdasarkan pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM), ukuran yang menggambarkan pencapaian kualitas hidup manusia melalui faktor-faktor seperti angka harapan hidup, tingkat pendidikan, dan standar hidup yang layak.

Di wilayah Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari 38 bagian, terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur telah melakukan pencatatan nilai IPM untuk masing-masing kabupaten dan kota pada tahun 2022.

Baca Juga:  Doa Agar Mental Selalu Sehat, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Penting untuk ditegaskan bahwa ada lima daerah di Jatim yang memperoleh gelar sebagai wilayah paling sejahtera di wilayah ini.

Meskipun Kota Malang dan Kabupaten Sidoarjo juga termasuk dalam daftar ini, yang mengejutkan adalah bahwa mereka tidak menempati peringkat pertama.

Namun, inilah kelima daerah paling sejahtera di Jawa Timur menurut laporan Gangkecil.com berdasarkan data dari laman jatim.bps.go.id:

1. Kota Blitar

Wilayah kelima yang paling sejahtera di Jawa Timur adalah Kota Blitar dengan nilai IPM sebesar 79,93.

2. Kabupaten Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo menduduki peringkat keempat sebagai salah satu wilayah paling sejahtera di Jawa Timur, dengan nilai IPM mencapai 81,02.

Baca Juga:  4 (Bukan) Tips Hidup Damai di Dunia Penuh Ujaran Kebencian

3. Kota Madiun

Wilayah ketiga yang paling sejahtera di Jawa Timur adalah Kota Madiun dengan nilai IPM sebesar 82,01.

4. Kota Malang

Kota Malang mendapatkan peringkat kedua sebagai wilayah paling sejahtera di Jawa Timur, dengan nilai IPM mencapai 82,71.

5. Kota Surabaya

Namun, yang mungkin paling mengejutkan adalah bahwa Kota Surabaya berada di peringkat pertama sebagai wilayah paling sejahtera di Jawa Timur, dengan IPM yang mencapai 82,74.

Dengan demikian, daftar ini menunjukkan sejumlah daerah di Jawa Timur yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam membangun kualitas hidup bagi penduduknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *