6 Manfaat Konsumsi Makanan Halal, Umat Islam Wajib Tahu

makanan halal/pixabay

Sebagai umat Islam, tentu harus mengonsumsi makanan halal. Nah, makanan halal ternyata tak hanya punya kemanfaatan spiritual, tapi juga pada sisi kesehatan.

Secara sederhana, makanan halal adalah makanan yang diperbolehkan atau halal dikonsumsi oleh umat Muslim sesuai dengan aturan-aturan makanan yang ditetapkan dalam agama Islam.

Makanan halal berhubungan dengan cara pengolahan, bahan-bahan yang digunakan, dan pemenuhan syarat-syarat tertentu yang ditentukan oleh Al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad SAW.

Makan makanan halal memiliki banyak manfaat yang penting, lho! Ini bukan hanya tentang mengikuti ajaran agama, tapi juga berhubungan dengan kesehatan, etika, dan hubungan sosial. Dikutip dari laman fai.umsu.ac.id, berikut manfaat makanan halal.

1. Nunjukin Ketaatan Agama

Makan makanan halal tuh bagian dari menjalankan perintah agama, khususnya dalam Islam. Jadi, pas kamu makan makanan halal, kamu nunjukin ketaatan dan penghormatan pada agama yang kamu anut. Itu bisa bikin kamu merasa lebih dekat dengan keyakinanmu.

Baca Juga:  Nikmatnya Pedasnya! Temukan Rahasia Sambal Rawit Iris Awet yang Harus Dicoba Para Pecinta Pedas!

2. Jaga Kesehatan Badan

Biasanya, makanan halal lebih diperhatikan kebersihannya. Misalnya, saat hewan halal dipotong, ada aturan yang menjaga kebersihan dan kesehatan. Nah, ini juga bisa membantu mencegah penyakit dan menjaga makanan tetap aman.

3. Pasti Halal dan Aman

Dengan makan makanan halal, kamu pastiin makanan itu sesuai aturan agama dan cara produksi yang diterima. Ini bikin kamu lebih yakin dan tenang pas makan, gak ada keraguan soal kehalalannya.

4. Jadi Orang yang Bertanggung Jawab

Makanan halal juga bikin kamu lebih sadar soal perlindungan hewan dan etika. Cara pemotongan hewan halal itu punya prinsip yang ngejaga kesejahteraan hewan. Ini bisa bikin kamu jadi orang yang bertanggung jawab dan peduli sama makhluk lain.

Baca Juga:  Ini Dia Resep Martabak Mesir Ekonomis yang Hemat Uang! Camilan Murah dan Mudah untuk Semua Orang. Yuk, Coba Sekarang!

5. Lebih Solid dan Akrab dengan Umat Muslim Lain

Ketika kamu makan makanan halal bersama keluarga, teman, atau dalam acara-acara sosial, ini bisa bikin hubungan kamu dengan umat Muslim lain makin erat. Makan bareng dalam acara kayak pernikahan atau festival bisa bikin ikatan dan persatuan kita makin kuat.

6. Banyak Pilihan Lezat

Makanan halal gak cuma enak, tapi juga bervariasi banget. Meskipun ada beberapa makanan yang dihindari, tapi masih banyak pilihan makanan yang bisa kamu coba. Dari berbagai budaya, negara, dan masakan, kamu bisa eksplorasi kuliner dari mana aja!

Baca Juga:  Resep Bumbu Ungkep Sederhana untuk Ayam, Tahu, dan Tempe Goreng dengan Hanya 4 Bahan

Jadi, gak cuma soal mengikuti ajaran agama, makanan halal punya banyak manfaat keren. Dari menjaga kesehatan sampe bikin kita jadi lebih sadar soal etika dan persatuan. Makan makanan halal itu bisa jadi cara kita ikut berkontribusi pada kebaikan dan kebersamaan, deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *