Story  

6 Subholding di Bawah Pertamina Lengkap Alamat dan Bidang Kerjanya

Pertamina

Pertamina merupakan perusahaan BUMN yang 100% sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Pertamina senantiasa menjaga akuntabilitas perusahaan dengan menyediakan informasi yang akurat.

Pertamina memiliki peran strategis dalam menyediakan energi yang sangat dibutuhkan bangsa ini untuk menggerakkan seluruh sendi-sendi kehidupan di Indonesia.

Atas tanggung jawabnya tersebut, Pertamina telah membangun jaringan bisnis yang terintegrasi, mulai dari hulu hingga hilir. Maka pada tanggal 12 Juni 2020, resmi terbentuk 6 (enam) subholding di bawah Pertamina.

Berikut 6 subholding Pertamina sebagaimana dikutip dari laman resmi Pertamina

1. Upstream Subholding

Kegiatan bisnis hulu Pertamina berada di bawah Upstream Subholding yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Kegiatan usaha Pertamina pada sektor hulu meliputi antara lain aktivitas eksplorasi serta produksi minyak, dan gas bumi, dengan cakupan seluruh wilayah kerja Pertamina di dalam maupun di luar negeri.

PHE dalam hal ini memimpin beberapa anak perusahaan Pertamina lainnya, PT Pertamina EP, PT Pertamina Internasional Eksplorasi Produksi, PT Pertamina EP Cepu, PT Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning, PT Pertamina Geothermal Energy, PT Pertamina Drilling Services Indonesia, PT Pertamina Hulu Indonesia dan PT Elnusa Tbk.

PHE Tower
Jl. TB. Simatupang Kav 99
Jakarta Selatan 12520
Indonesia
Telp : +6221-29547000
Fax : +6221-29547086
Website : www.phe.pertamina.com

2. Gas Subholding

Gas Subholding dijalankan melalui PT PGN Tbk. dan melaksanakan kegiatan antara lain transmisi gas bumi, niaga gas bumi, pengadaan dan pemasaran Liquefied Natural Gas (LNG) ke pasar domestik dan internasional, Compressed Natural Gas (CNG), serta membawahi proyek-proyek infrastruktur gas, seperti pembangunan fasilitas regasifikasi LNG, jalur pipa gas, dan SPBG. Di bawah subholding ini, PGN membawahi dua anak perusahaan Pertamina lainnya, yaitu PT Nusantara Regas dan PT Pertamina Gas.

Baca Juga:  Lenovo ThinkBook 14 Gen 4: Laptop Stylish Pilihan Para Profesional! Performa Hebat + Hiburan Tanpa Batas! Simak Review Lengkapnya!

Grha Pertamina
Pertamax Tower, Lantai 20-23
Jalan Medan Merdeka Timur No. 11-13
Jakarta Pusat 10110
Telp : +62 21 31906825
Fax : +62 21 31906831
Email : contact.center@pgn.co.id
Website : www.pgn.co.id

3. Power & New Renewable Energy (NRE) Subholding

Power & New Renewable Energy (NRE) Subholding dioperasikan melalui PT Pertamina Power Indonesia. Subholding ini bertanggung jawab pada pelaksanaan sejumlah kegiatan, yang terdiri dari eksplorasi dan produksi sumber energi baru dan terbarukan (EBT) secara terintegrasi dengan cakupan usahanya meliputi eksplorasi dan operasi wilayah kerja geothermal, pembangkit listrik panas bumi, pembangkit listrik tenaga gas dan pengembangan energi baru dan terbarukan. Anak usaha di bawah subholding ini adalah PT Pertamina Geothermal Energi.

PT Pertamina Power Indonesia
Grha Pertamina, Pertamax Tower Lt.12
Jl. Medan Merdeka Timur No. 11-13
Jakarta Pusat, 10110
Indonesia
Telp : +62 381-5111 Ext :2172
Email : pertaminapower@pertamina.com
Website : www.pertaminapower.com

4. Commercial and Trading Subholding

Commercial and Trading Subholding merupakan bagian dari rantai kegiatan bisnis hilir Pertamina dan dijalankan melalui PT Pertamina Patra Niaga. Pertamina telah memiliki infrastruktur yang memadai untuk mendukung pendistribusian dan pemasaran produk energi yang dihasilkannya, termasuk produk Bahan Bakar Minyak (BBM), pelumas, dan LPG serta aspal dan produk petrokimia, baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen ritel maupun korporat di seluruh negeri maupun di luar negeri. Patra Niaga dalam hal ini membawahi tiga anak perusahaan Pertamina lainnya, yaitu PT Pertamina Lubricants, PT Pertamina Retail, dan Pertamina International Marketing & Distribution Pte Ltd.

Baca Juga:  Kemegahan Puro Mangkunegaran Didirikan Pangeran Mas Said dengan Nilai Sejarahnya

Melalui Commercial and Trading Subholding, selain menyediakan produk berkualitas unggul bagi konsumen, Pertamina juga memberikan kemudahan kerja sama yang saling menguntungkan. Informasi lebih lanjut terkait kesempatan menjadi Agen atau Distributor Produk Aviasi, Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk Industri & Perkapalan, dan Petrokimia dapat diakses melalui website https://onesolution.pertamina.com.

Gedung Wisma Tugu II
Lantai 2
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C7-9
Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan
Indonesia
Telp : +6221-5209009
Fax : +6221-5209009
Email : info@patraniaga.com
Website : www.pertaminapatraniaga.com

 

5. Refining and Petrochemical Subholding

Refining and Petrochemical Subholding secara operasional diserahkan kepada PT Kilang Pertamina Internasional. Sub Holding ini bertanggung jawab terhadap kegiatan pengolahan minyak menjadi produk minyak dan produk petrokimia, yang terdapat di sejumlah kilang yang sudah beroperasi maupun proyek-proyek yang sedang dijalankan. Kegiatan usaha pengolahan Pertamina didukung oleh enam kilang, yaitu Refinery Unit (RU) II Dumai, RU III Plaju, RU IV Cilacap, RU V Balikpapan, RU VI Balongan, dan RU VII Kasim dengan kapasitas pengolahan terpasang total mencapai 1.031 MBOPD, atau sekitar 90% dari kapasitas pengolahan yang ada di Indonesia. Di bawah sub holding, Kilang Pertamina Internasional membawahi entitas Pertamina lainnya, yaitu di antaranya PT Tuban Petrochemical Industries.

Baca Juga:  Cara Mendaftar Kuliah di IAI Sunan Giri Tahun Akademik 2020/2021

Kantor Pusat Pertamina
Gedung Utama
Lantai 15
Jl. Medan Merdeka Timur 1A
Jakarta Pusat
Indonesia
Telp : +6221-3815111
Website : kpi.pertamina.com

6. Subholding Integrated Marine Logistics

ertamina juga memiliki usaha bidang perkapalan yang dilaksanakan melalui PT Pertamina International Shipping. Cakupan bisnis usahanya meliputi penyediaan kapal hingga pelayanan pengangkutan dengan kapal. Selain Pertamina International Shipping, usaha perkapalan Pertamina juga dijalankan oleh entitas anak lainnya, yaitu PT Pertamina Trans Kontinental.

Graha Pertamina – Tower Pertamax
Lantai 19
Jalan Medan Merdeka Timur No. 6
Gambir, Jakarta Pusat 10110, Indonesia
Telp : (+62 21)5290 0271/52900272
Fax : (+62 21)52906273
Website : www.pertamina-pis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *