8 Cara Menyimpan Buah Segar di Kulkas dengan Benar, Wadahi Plastik

Cara menyimpan buah di kulkas/pixabay

Menyimpan buah-buahan di dalam kulkas dengan benar dapat membantu memperpanjang umur simpan mereka dan menjaga kesegaran. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menyimpan buah di kulkas dengan benar:

1. Pemilihan Buah yang Tepat:

Pilihlah buah yang masih dalam kondisi segar dan matang. Jangan menyimpan buah yang sudah terlalu matang atau rusak, karena ini dapat mempercepat kerusakan pada buah-buahan lainnya.

2. Cuci dan Keringkan:

Jika buah perlu dicuci sebelum disimpan, pastikan Anda mencuci dan mengeringkannya terlebih dahulu. Pastikan buah-buahan benar-benar kering sebelum disimpan di kulkas, karena kelembapan berlebih dapat mempercepat pembusukan.

3. Pisahkan dan Simpan di Wadah Terpisah:

Pisahkan buah-buahan yang mudah melepaskan gas etilen (gas yang dikeluarkan oleh beberapa buah dan dapat mempercepat pematangan buah lainnya) dari buah-buahan yang rentan terhadap gas etilen. Sebagai contoh, jangan menyimpan buah tomat bersama dengan apel.

Baca Juga:  5 Resep Olahan Indomie yang Enak dan Lezat, Rasanya Tak Tertandingi

4. Gunakan Kemasan Plastik atau Wadah:

Simpan buah dalam kemasan plastik atau wadah kedap udara untuk menjaga kelembapan dan mencegah bau serta rasa dari satu buah mengenai buah lainnya.

5. Suhu yang Tepat:

Atur suhu kulkas pada sekitar 1-4 derajat Celsius (33-39 derajat Fahrenheit) untuk menjaga kesegaran buah. Jangan menyimpan buah terlalu dekat dengan saluran udara dingin atau terlalu dekat dengan dinding belakang kulkas.

6. Ketahui Buah yang Tidak Perlu Kulkas:

Beberapa buah sebaiknya tidak disimpan di kulkas karena suhu rendah dapat merusak tekstur dan rasa. Buah seperti pisang, mangga, jeruk, nanas, dan alpukat lebih baik disimpan di suhu ruangan.

Baca Juga:  Resep Sederhana Iwel-Iwel Kuliner Tradisional, Filosofi Doa Kepada Orang Tua

7. Periksa Secara Berkala:

Periksa buah-buahan yang disimpan di kulkas secara berkala dan segera hapus buah yang sudah mulai membusuk agar tidak merusak buah lainnya.

8. Jangan Menyimpan Buah Terlalu Lama:

Meskipun kulkas dapat membantu mempertahankan kesegaran, jangan menyimpan buah terlalu lama. Buah-buahan masih memiliki batas umur simpan meskipun disimpan di dalam kulkas.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk di atas dan juga petunjuk khusus untuk setiap jenis buah yang ingin Anda simpan. Setiap buah memiliki kebutuhan penyimpanan yang berbeda, dan menjaga prinsip-prinsip umum ini dapat membantu Anda menjaga kesegaran buah-buahan lebih lama.

Manfaat Konsumsi Buah Segar Bagi Kesehatan

– Sumber Vitamin, Berbagai jenis vitamin ada di buah.
– Sumber Air dan Gizi, buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
– Sumber antioksidan, buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami
– Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
– Obat luar tubuh, buah-buahan juga dapat digunakan untuk obat luar seperti jerawat, bisul dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *