Ayam Bakar Bumbu Bali: Nikmati Kelezatan Tradisional Bali di Rumah Anda

Ayam Bakar Bumbu Bali Nikmati Kelezatan Tradisional Bali di Rumah Anda
Ayam Bakar Bumbu Bali Nikmati Kelezatan Tradisional Bali di Rumah Anda

Ayam Bakar Bumbu Bali adalah hidangan khas Bali yang menggabungkan citarasa pedas dan gurih dengan kekayaan rempah-rempah yang khas.

Hidangan ini memadukan bumbu khas Bali dengan daging ayam yang lezat, menciptakan pengalaman makan yang tak terlupakan.

Jika Anda ingin mencicipi kelezatan tradisional Bali di rumah, berikut adalah cara membuat Ayam Bakar Bumbu Bali yang berhasil kami rangkum dari Cookpad.

Resep Ayam Bakar Bumbu Bali

Bahan-bahan yang diperlukan:

Potongan ayam sesuai selera.
4-5 sendok makan Bumbu Bali (tersedia di toko bumbu atau bisa dibuat sendiri dengan mencampur cabai merah, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan terasi).
2 sendok makan minyak kelapa (atau minyak sayur).
2 lembar daun jeruk.
1 batang serai, dimemarkan.
Garam secukupnya.
Gula secukupnya.

Baca Juga:  Buat Brownies Lumer Ala Luvita Ho: Tanpa Mixer dan Oven Tetap Enak, Manis di Lidah

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Bali

1. Persiapkan Ayam: Cuci bersih potongan ayam dan tiriskan. Kemudian, lumuri ayam dengan sedikit garam dan gula. Ini akan membantu bumbu meresap ke dalam daging ayam.

2. Buat Marinade: Campurkan bumbu Bali, minyak kelapa, daun jeruk, serai, garam, dan gula dalam mangkuk besar. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

3. Marinasi Ayam: Letakkan potongan ayam ke dalam campuran bumbu. Pastikan semua potongan ayam dilumuri dengan bumbu ini. Biarkan ayam marinasi selama setidaknya 1-2 jam, atau lebih baik lagi semalam di dalam lemari es agar bumbu meresap dengan baik.

Baca Juga:  Es Krim Lembut Pop Ice Ala Rumahan yang Tak Bisa Ditolak di Cuaca Panas!

4. Panggang Ayam: Panaskan grill atau panggangan dengan api sedang-tinggi. Panggang potongan ayam selama sekitar 20-25 menit atau sampai ayam matang dan berwarna kecokelatan. Selama proses pemanggangan, Anda dapat membaliknya beberapa kali dan mengoleskan sisa bumbu marinade untuk memberikan rasa yang lebih intens.

5. Sajikan dengan Pelengkap: Ayam Bakar Bumbu Bali siap disajikan. Hidangkan dengan nasi putih panas dan lalapan segar untuk mendapatkan pengalaman makan Bali yang lengkap. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *