BUKU  

Buku Dilema Usaha Manusia Rasional Karya Sindhunata

Dilema Usaha Manusia Rasional/Omah Buku

Identitas Buku

Judul : Dilema Usaha Manusia Rasional Kritik Masyarakat Modern Oleh Max Horkheimer dalam Rangka Sekolah Frankfurt
Penulis : Sindhunata
Catakan : Kedua, September 1983
Penerbit : PT Gramedia
Tebal : 169 hlm

Daftar Isi :

1. Prakata
2. Daftar Isi
3. Kata Pengantar oleh Franz Magnis Suseno
4. Bab 1. Pendahuluan
5. Bab 2. Latar belakang historis dan teoritis Sekolah Frankfurt
6. Bab 3. Teori kritis sebagai teori emansipatoris
7. Bab 4. Dilema usaha manusia rasional: Terbenamnya akal budi obyektif dan terbitnya akal budi instrumentalis
8. Bab 5. Dialektika usaha manusia rasional: Usaha manusia rasional adalah mitos
9. Bab 6. Akhirukalam

Baca Juga:  Review Buku Tuyet Karya Bur Rasuanto: Cerita Perang, Cinta dan Kemanusiaan

Sinopsis :

Salah satu lukisan berdimensi banyak tentang situasi kehidupan masyarakat industri disajikan dalam buku ini. Tepatnya buku ini adalah sebuah monografi tentang Max Horkheimer, seorang filsuf, pendiri dan tokoh terkemuka dari Sekolah Frankfrut. Sekolah Frankfrut merupakan aliran filsafat Barat utama sesudah perang dunia kedua. Aliran ini memperkenalkan cara pemikirannya yang lazim disebut teori kritik masyarakat. Teori itu memang bertolak dari ilham dasar Karl Marx, tetapi kemudian secara baru dan kreatif mengalihkan perhatian pada masalah-masalah masyarakat industri modern.

Iklim intelektual di Barat duapuluh tahun lalu sangat dipengaruhi oleh filsafat ini. Dan gerakan New Left menimba ilham perjuangannya dari aliran pemikiran ini.

Baca Juga:  Berburu Buku Lawas & Segala yang Bekas di Pasar Senthir

Buku ini membuka selubung yang menutupi problematika kehidupan modern. Digambarkan bahwa masyarakat modern terbelenggu dalam bermacam-macam keirasionalan. Suatu perkembangan dari usaha hidupnya. Suasana kehidupan ditandai oleh sesuatu yang “memblus dan berdarah”, karena manusia modern semakin asing dari dirinya dan terpencil dari lingkungan serta terhimpit dalam sistem kemasyarakatan ciptaan mereka sendiri. Buku ini mempersoalkan, bagaimana manusia modern dapat memahamil lagi situasi hidup mereka, lalu bangkit dan berusaha membebaskan diri dari belenggu-belenggu itu.

Teori Kritik Masyarakat, yang diperkenalkan dalam monografi ini, mencoba membebaskan manusia dari belenggu-belenggunya dengan cara memahami secara mendalam problematika masyarakat modern. Suaru pendekatan yang sangat diperlukan untuk mempertanyakan kembali sistem masyarakat industri maju yang impiannya terasa sampai ke Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *