Diwarnai 3 Kartu Merah, Timnas Indonesia Berhasil Lolos ke Final Piala AFF 2020

0
213
Sumber: pssi.ord

Timnas Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF 2020 setelah meyingkirkan Singapura di partai semi final dengan skor 4-2. Jalannya pertandingan sangat cepat dan keras. Singapura harus bermain dengan 8 pemain hingga laga usai, setelah 3 pemain Singapura mendapatkan kartu merah.

Masing-masing pemain Singapura yang mendapatkan kartu merah yakni Safuan Baharuddin pada menit 45+2, Irfan Fandi pada menit 67, dan Hassan Sunny pada menit 119.

Pertandingan semi final ini terlihat sangat seru karena Singapura hampir saja lolos dengan 9 pemain saja setelah gol Shahdan Sulaiman pada menit 74. Namun, tekad para pemain Indonesia tidak goyah, alhasil, sebelum babak kedua berakhir Pratama Arhan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. ‘

Pemain Indonesia dan penonton dibuat senam jantung, karena pada ekstra time babak ke dua tepatnya menit 90+1 Singapura mendapatan pinalti. Tapi, kiper Timnas Indonesia berhasil menepis tendangan pinalti tersebut. Jika pinalti tersebut berbuah gol untuk Singapura, maka Timnas Indonesia mungkin akan mengakhiri perjalanan di Piala AFF 2020 sampai semi final saja.

Singapura meskipun hanya bermain dengan 8 pemain, mereka berhasil menyulitkan pertahanan Timnas Indonesia sepanjang laga. Dengan permainan counter attack, penyerang Singapura berhasil mengobrak abrik pertahanan Indonesia dengan bukti mereka dapat menyarangkan 2 gol ke gawang indonesia masing-masing dicetak oleh Song Ui-young pada menit 45+4 dan Shahdan Sulaiman.

Meskipun Timnas Indonesia menggempur habis-habisan Singapura, namun kiper Hassan Sunny harus mendapat credit yang luar biasa. Dengan penyelamatan-penyelamatan heroiknya, sehingga hanya kebobolan 4 gol saja.

Indonesia pada pertandingan ini menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan ujung tombak Ezra Walian. Ia tidak menyiakan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Ezra berhasil mencetak gol ke 2 nya dalam turnamen ini dan menjadi jawaban para netizen kalau ia bukan striker tumpul. Masing-masing gol Timnas Indonesia di cetak oleh Ezra Walian pada menit 11, Pratama Arhan pada menit 87, gol bunuh diri dari pemain Singapura Shawal Anuar pada menit 91, dan Egy Maulana Vikri pada 105+2.

Dengan begini indonesia akan melaju ke Final Piala AFF 2020. Timnas indonesia akan bertemu dari pemenang antara Thailand dan Vietnam di partai final. Semoga Timnas Indonesia dapat memjuarai ajang ini untuk pertama kalinya dalam sejarah.

SHARE
Kontributor Gangkecil.com, mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here