Doa Saat Hujan Turun, Sudahi Galaumu dan Ketahui Fakta Menariknya

Sumber; pixabay.com

Hujan merupakan suatu pertanda turunnya rahmat dan nikmat dari Allah SWT. Maka, setiap kali hujan datang sudah seharusnya kita selalu memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Jadi, sudahi galaumu, sebab hujan tidak saja persoalan basah akan tetapi juga rahmat. Terlebih ketika datangnya di malam hari, suara rintikkan hujan layaknya musik alamiah yang membuat tidur bernilai nikmat.

Berkah hujan, tumbuhan yang hampir kering kembali menjadi segar, hingga dapat hidup kembali dan berbuah. Lalu buahnya dipetik manusia, untuk dinikmati yang dapat menjadi sumber energi tambahan bagi manusia. Begitu juga bagi makluk seluruh alam lainnya, dapat merasakan beberapa manfaat dari air hujan yang turun.

Doa Saat Hujan Turun

Sumber; pixabay.com
Sumber; pixabay.com

Sebagai umat muslim, ada baiknya saat hujan turun kita memanjatkan beberapa doa. Sehingga selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT. Berikut ini doa-doa yang dapat dipanjatkan saat turun hujan:

Baca Juga:  Poster Gentilut: Kue Tradisional Punya Rasa Khas, Cocok Bersanding dengan Kopi Panas

1. Doa ketika turun hujan

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Artinya, “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat,”

2. Doa saat hujan, agar tidak terjadi bencana

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.

Fakta-Fakta Menarik Tentang Hujan

Sumber; pixabay.com

Secara ilmiahnya, hujan juga memiliki beberapa fakta menarik. Mulai dari nada indah yang dihasilkannya, hingga aroma khas saat hujan itu sendiri. Berikut ini beberapa fakta menariknya:

Baca Juga:  Njamu Sebelum Jaga Malem

1. Aroma khas saat hujan, aroma ini seringkali muncul pada saat seharian penuh bumi terasa panas. Namun tiba-tiba saja mendadak hujan, disitulah muncul aroma khas yang dapat membuat hidung terasa nyaman.

2. Kecepatan air hujan, kecepatan air hujan jatuh ke bumi rata-rata memiliki kecepatan 8-10 KM?jam. Kecepatan maksimalnya, sekitar 35KM/jam.

3. Hujan dapat menghasilkan nada yang indah, terlebih pada saat malam hari. Bunyi hujan layaknya musik alamiah yang dapat membuat tidur nyenyak. Bahkan tidur terasa sangat nyaman.

4. Hujan dapat menghipnotis, sifatnya yang masih misterius dan mengejutkan para ilmuan ialah mampu membuat manusia meresonasikan masa lalu yang pernah dialaminya.

5. Ketinggian awan hujan, ketinggian awan hujan dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter. Namun lebih sering ditemui pada ketinggian 10.000 meter.

6. Air hujan dapat berubah-ubah setiap detiknya. Perubahan yang dimaksud ialah perubahan bentuk, perdetik dapat berubah hingga ratusan kali.

Baca Juga:  Blandongan, Mato, Joglo Kopi, Kebun Laras, Basa Basi, Lico, dan …

7. Diameter air hujan, air hujan memiliki dimeter yang berbeda-beda dari 0,02-0,03 inci. Setiap detiknya kurang lebih 16 juta ton air terserap ke awan, dan akan turun lagi ke bumi dalam jumlah yang sama.

8. Perubahan dari kristal ke air, sebelum jatuh ke bumi bentuk air hujan berupa kristal air. Menariknya akan berubah menjadi titik-titik air saat sudah sampai ke bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *