Hikmah  

Doa Selamat dan Tolak Bala, Bisa Diamalkan Setiap Hari

Sumber; pexels.com

Setiap manusia pasti meengidamkan hidup dengan penuh keselematan dan dijaukan dari bala. Salah satu bentuk keselematan ialah dapat menjalani kehidupan dengan penuh sejahtera. Sudah semestinya manusia melakukan segala ikhtiar dengan menjalani hidup penuh hati-hati dan kewaspadaan. Namun dalam Islam, ikhtiar tidak hanya dari segi dhohir saja.

Selain ikhtiar dhohir, penting juga menempuh ikhtiar batin. Maksudnya dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Selain sebagai senjata umat muslim, doa juga sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga selalu mendapat rahmat dan perlindungan dari Allah SWT. Setiap orang yang mendapatkan rahmat pasti akan hidup dengan tenang.

Orang pasti menginginkan setiap langkah kehidupan ini dijauhkan dari bala. Dalam hal ini, berdoalah dan meminta kepada Allah SWT. Karena hanya kepadaNya kita kembali dan setiap apa yang terjadi tak pernah bisa dilepaskan darinya. Berikut ini doa selamat dan tolak bala yang dapat dibaca setiap hari seusai sholat lima waktu:

Baca Juga:  Doa Sholat Dhuha Lengkap dan Ketahui Keutamaannya

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allȃhummaftah lanȃ abwȃbal khair, wa abwȃbal barakah, wa abwȃban ni‘mah, wa abwȃbar rizqi, wa abwȃbal quwwah, wa abwȃbas shihhah, wa abwȃbas salȃmah, wa abwȃbal ‘ȃfiyah, wa abwȃbal jannah. Allȃhumma ‘ȃfinȃ min kulli balȃ’id dunyȃ wa ‘adzȃbil ȃkhirah, washrif ‘annȃ bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhȋm wa nabiyyikal karȋm syarrad dunyȃ wa ‘adzȃbal ȃkhirah. Ghafarallȃhu lanȃ wa lahum bi rahmatika yȃ arhamar rȃhimȋn. Subhȃna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mȃ yashifūn, wa salȃmun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘ȃlamȋn.

Baca Juga:  Doa Saat Angin Kencang, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 55-56).

Baca Juga:  Doa Ibu Hamil, Untuk Dibaca Suami Maupun Istri

Semoga hidup kita selalu diberi keselamatan dan kesejahteraan, serta dihindarkan dari bala. Wallahualam Bissawab!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *