Hikmah  

Doa Sesudah Belajar, Dilengkapi Hadis Kewajiban ‘Thalabul Ilmi’

Sumber; pixabay.com

Berdoa merupakan salah satu ajaran Islam, bahkan kita selalu dianjurkan berdoa saat akan memulai dan sesudah melakukan aktivitas. Berdoa menjadi sangat penting, melalui doa kita menjadi makhluk yang selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga selalu berusaha ingat Allah SWT dalam setiap situasi dan kondisi apapun.

Salah satu aktivitas penting bagi umat muslim adalah thalabul ilmi, bahkan menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Baik itu muslim laki-laki maupun muslim perempuan. Kewajiban menuntut ilmu ini sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW, berikut bunyi haditsnya:

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ ، قَالَ : حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ سُلَيْمَانَ ، قَالَ : حَدَّثَنَا كَثِيرُ بْنُ شِنْظِيرٍ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ، وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ

Baca Juga:  Doa Saat Angin Kencang, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Artinya: Telah menceritakan kepada kita Hisyam bin ‘Umar , ia berkata: Telah menceritakan kepada kita Hafdz bin Sulaiman, ia berkata: telah menceritakan kepada kita Katsir bin Syindirin, dari Muhammad bin Siiriina , dari Anas bin Malik, ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: ”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim. Dan orang yang meletakkan ilmu bukan pada pada ahlinya, seperti seorang yang mengalungkan mutiara, intan dan emas ke leher babi.”

Salah satu aktivitas menuntut ilmu ialah dengan belajar secara terus-menerus. Selanjutnya ditempuh dengan usaha yang gigih dan pantang menyerah. Sehingga bisa memahami dan mengerti tentang ilmu yang telah dipelajari. Agar usaha ini tidak sia-sia, maka perlu diimbangi dengan membaca doa.

Baca Juga:  Bacaan Doa Menag RI Saat Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, Bikin Teduh!

Selain dianjurkan membaca doa sebelum belajar, kita juga dianjurkan membaca doa sesudah belajar. Berikut ini bacaan doa sesudah belajar:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLAHUMMA INNII ISTAUDI’UKA MAA ALLAMTANIIHI FARDUDHU ILAYYA ‘INDA HAAJATI ILAIHI WALAA TANSANIIHI YAA ROBBAL ‘AALAMIIN.

Artinya: “Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.”

Dengan bacaan doa di atas, semoga apa yang telah kita pelajari bisa dimengerti dan dipahami secara jelas serta selalu mendapat hidayah Allah SWT. Seseorang yang bisa mengerti dan paham akan ilmu, maka akan mengamalkannya. Dari situlah akan lahir sebuah sikap yaitu aklakul karimah.

Baca Juga:  Doa Ketika Mendengar Petir, Ketahui Proses Ilmiahnya

Wallahu a‘lam bi as-shawab!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *