Film Selesai, Kisah Cinta Segitiga Rumah Tangga Broto Hadisutedjo

0
82

Film Selesai berhasil menarik perhatian para penonton dan bahkan menjadi trending topik di sejumlah media social seperti Twitter, Tiktok, dan Instagram. Kesuksesan ini tak bisa lepas dari tangan Tompi.

***

Pasca sukses dalam film yang berjudul Pretty Boys, Tompi kini berkolaborasi bersama Imam Darto dalam pembuatan naskah film Selesai. Gading Marten, Ariel Tatum, dan Anya Geraldine dipilih sebagai pemeran utama dalam film berjudul Selesai tersebut.

Film di bawah naungan rumah produksi Beyoutiful Pictures ini juga melibatkan beberapa tokoh seperti Tika Pangabean, Marini Soejosoemarno, Faris Nahdi, dan Imam Darto.

Awal Kisah

Film Selesai mengisahkan sebuah rumah tangga Broto (Gading Marten) dengan Ayu (Ariel Tatum) yang tak berjalan mulus hingga terancam kandas karena orang ketiga. Ayu yang mendapatkan perilaku buruk dari suaminya lama-kelamaan mulai merasa lelah, ditambah lagi ia sering mengalami perlakuan tak mengenakkan dari suaminya, Broto.

Situasi pandemi dan hubungan gelap Broto dan Anya (Anya Geraldine) yang telah berlangsung setahun memicu keretakan rumah tangga Broto dan Ayu.

Bukti hubungan gelap atau perselingkuhan Broto lambat laun terungkap hingga Ayu tak sanggup bertahan. Rasa lelah Ayu mencapai puncaknya saat ia menemukan pakaian dalam di mobil milik Broto, yang dituding adalah milik Anya (Anya Geraldine ) yang merupakan selingkuhan Broto.

Dan hubungan gelap mereka telah berjalan satu tahun, bahkan Anya sempat meminta Broto untuk menikahinya.

Broto mengeluarkan bermacam-macam alasan dan mengatakan bahwa tuduhan istrinya tersebut tidak benar adanya. Padahal di pakaian dalam itu tertulis jelas nama Anya. Karena sudah merasa tidak kuat, Ayu memutuskan untuk bercerai dengan Broto agar hidupnya terbebas dari laki-laki mata keranjang itu.

Namun, takdir punya kehendak lain. Di saat Ayu ingin pergi meninggalkan rumah, ibu mertuanya Sri (Marini Soerjodoemarno) datang ke rumahnya. Karena sangat menyayangi ibu mertuanya, Ayu terpaksa mengurungkan niatnya dan harus bertingkah seolah semuanya baik-baik saja di depan ibu mertuanya.

Broto menemukan fakta yang mengejutkan

Di sisi lain, Broto menemukan sebuah fakta yang mengusiknya. Ia mencurigai bahwa istrinya Ayu juga berselingkuh. Lantas Broto langsung meminta bantuan temannya untuk mencari tahu siapa yang sering dihubungi Ayu.

Hingga satu persatu fakta yang begitu mengejutkan tentang Ayu pun terungkap. Hingga membuat Broto tersadar dan berusaha menyelesaikan masalah yang telah terjadi selama ini.

Proses penyelesaian masalah tersebut tak lepas dari campur tangan ibu Broto. Ibu Broto ternyata sudah lama mencium keretakan rumah tangga Broto dan Ayu.

Diam-diam ibu Broto meminta bantuan Yani sang asisten rumah tangga untuk memata-matai gerak gerik Ayu selama di rumah. Alhasil semua bukti tentang Ayu yang berselingkuh dengan Dimas yang merupakan adik kandung dari Broto pun terekam dengan baik di telepon gengam Yani.

Akhir kisah

Tiba pada saatnya semua berkumpul untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pada akhirnya rumah tangga mereka tak bisa dipertahankan lagi.

Broto memilih Anya yang merupakan orang ketiga dalam hubungan Broto dan Ayu untuk dinikahi. Sementara itu, Ayu harus megalami gangguan jiwa. Pasalnya, Dimas yang awalnya menjadi teman curhat Ayu selama Broto bermain dengan wanita lain, tidak merespon cinta Ayu yang mulai tumbuh padanya.

Dimas sendiri menganggap apa yang selama ini dilakukannya hanyalah sebuah semangat dan bantuan untuk sang kakak ipar. Dimas merasa kasihan saat melihat Ayu harus mengalami hal tersebut. Namun, Ayu salah mengartikan kebaikan dari Dimas, adik iparnya.

Sebuah Catatan

Bagi saya, ada beberapa kekurangan film Selesai dan salah satunya adalah pada naskahnya. Naskah ini seakan seperti belum selesai dan belum menjadi naskah film yang benar-benar utuh. Hal ini mungkin karena Iman Darto sendiri selaku penulis naskah mengatakan bahwa ia berencana membuat proyek Selesai ini sebagai serial yang berjumlah 5 episode.

Jadi karena perubahan tersebut mungkin menjadi alasan mengapa naskah film Selesai terasa belum matang dan bukan seperti naskah film yang utuh. Karena ya memang dari awal direncanakan untuk serial dan bukannya film.

Kekurangan film Selesai yang lainnya mungkin dari segi komedinya. Ketika Film Ini mulai untuk memperkenalkan konflik yang terjadi pada pernikahan antara karakter Ayu dan Broto yang seharusnya bernuansa serius. Film ini kemudian memasukkan karakter Yani yang merupakan pembantu rumah tangga yang setiap dia tampil selalu saja membuat candaan konyol.

Namun candaan Yani mungkin terlalu berlebihan dan seperti terlalu dipaksakan. Jadinya kurang cocok saja dengan momen yang sedang terjadi. Terus juga kita bakalan melihat plot sampingan tentang hubungan romansa antara karakter Yani dan Bambang yang kalau tidak ditampilkan pun mungkin gak jadi masalah. Tapi mungkin Tompi ingin menampilkan bahwa permasalahan rumah tangga itu tidak hanya terjadi di kalangan atas, tapi juga di kalangan menengah ke bawah.

Identitas Film

Sutradara: Tompi
Produser: Nesha Aurea
Penulis cerita:  Imam Darto
Pemeran
Ariel Tatum sebagai Ayudina Samara
Gading Marten sebagai Broto Hadisutedjo
Anya Geraldine sebagai Anya
Marini Soerjosoemarno sebagai Sriwedari Hadisutedjo
Farish Nahdi sebagai Dimas Hadisutedjo
Tika Panggabean sebagai Yani
Imam Darto sebagai Bambang
Penata musik: Ricky Lionardi
Sinematografer: Wirawan Sanjaya
Penyunting: 
Cesa David Luckmansyah
Yadi Fatullah
Perusahaan produksi: Beyoutiful Pictures
Distributor: Bioskop Online
Durasi: 83 menit
Tanggal rilis: 13 Agustus 2021
Bahasa: Indonesia

SHARE
Penulis adalah kontributor Gangkecil.com, penyuka film dan bola, tinggal di Bojonegoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here