Good Ebening! Aston Villa Pilih Unai Emery untuk Gantikan Steven Gerrard

Pelatih Baru Aston Villa, Unai Emery. Foto dari Instagram @villarealcf

Aston Villa telah mengumumkan manajer Villarreal Unai Emery sebagai pelatih kepala baru mereka, menyusul pemecatan Steven Gerrard.

Pria asal Spanyol itu akan mengambil alih The Villans mulai 1 November setelah formalitas izin kerjanya selesai.

Artinya, pertandingan pertamanya sebagai pelatih akan terjadi ketika Douglas Luiz dkk menjamu Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris pada 6 November mendatang.

Emery, yang tidak asing dengan kasta tertinggi sepakbola Inggris, pernah melatih Arsenal dari 2018 hingga 2019.

Baca Juga:  Prediksi Chelsea vs Manchester United: Misi Setan Merah Jaga Momentum

Selama masa jabatannya di London Utara, dia membawa Arsenal finis kelima di liga dan tampil final Liga Europa, di mana mereka kalah dari rival sekotanya yakni Chelsea.

Setelah pemecatannya dari Emirates, Emery bergabung dengan Villarreal pada 2020 dan menikmati musim pertama yang sukses sebagai pelatih, dia memimpin The Yellow Subamrine menuju kejayaan di Liga Europa.

Trofi tersebut datang setelah Villareal mengalahkan Manchester United di final melalui tendangan adu penalti.

Di musim berikutnya, Emery bahkan sukses mengejutkan Eropa dengan membawa timnya melaju ke babak semifinal Liga Champions usai menyingkirkan Juventus di babak 16 besar, lalu Bayern Muenchen di perempat final.

Baca Juga:  Benzema Raih Ballon d'Or, Komentar Neymar Jadi Sorotan

Mengumumkan kepergian pelatih berusia 50 tahun itu, Villarreal mengeluarkan pernyataan seperti: “Villarreal CF ingin mengucapkan terima kasih kepada Unai Emery atas pekerjaan yang telah dia lakukan dan berharap yang terbaik untuknya dalam karirnya.”

Sebelum hijrah di Inggris, Emery melatih Sevilla, dan memenangkan Liga Europa tiga kali berturut-turut.

Dia kemudian meninggalkan klub Spanyol itu untuk menahkodai Paris Saint-Germain dan membantu membimbing Le Parisians meraih gelar Ligue 1 pada 2017-2018, sebelum bergabung dengan Arsenal di musim panas tersebut.

Baca Juga:  Ditahan Southampton, Mikel Arteta Kecewa dengan Gabriel Jesus

Sekarang, Emery mengambil alih tim Villa yang saat ini duduk di urutan ke-15 di klasemen EPL. Mereka hanya unggul tiga poin di atas zona degradasi, setelah mengalahkan Brentford 4-0 pada Minggu, (23/10).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *