Imbang Lawan Singapura di Leg Pertama, Indonesia Harus Menang di Leg Kedua

0
99

Timnas Indonesia harus berpuas untuk berbagi angka dengan Singapura. Pertandingan Semi final leg pertama Piala AFF yang mempertemukan Timnas Indonesia dengan Singapura berakhir dengan skor 1-1.

Pertandingan ini diselenggarakan di National Stadium, Singapura, pada 22 Desember 2021 pukul 19.30 WIB.

Jalannya pertandingan sangat sengit dengan tempo yang sangat tinggi. Sama-sama melepaskan tembakan 9 kali dan total pelanggaran 34 sepanjang laga. Dari sisi penguasaan bola pun seimbang, Timnas Indonesia menguasai 51% penguasaan bola dan 49% untuk Singapura. Dari tendangan sudut pun sama-sama 6 kali.

Pada babak pertama indonesia berhasil unggul terlebih dahulu lewat umpan Asnawi Mangkualam dan dapat diselesaikan dengan baik oleh Witan Sulaeman. Asnawi Mangkualam yang merupakan pemain dari klub K League2 sukses memberikan umpan yang manis, hanya di arahkan ke sisi gawang yang kosong oleh Witan Sulaeman yang juga bermain di luar negeri tepatnya di Lechia Gdansk yang berkompetisi di liga Polandia ini. Gol tercipta juga berkat pressing tinggi yang di lancarkan Timnas Indonesia sejak peluit kick off di bunyikan.

Saat babak kedua, Singapura memasukkan pemain-pemain cepat dan lebih bugar. Pemain belakang Timnas Indonesia mulai tertekan dengan kecepatan-kecepatan yang dimiliki oleh penyerang Singapura. Alhasil, Singapura dapat menyamakan kedudukan pada menit 70 yang dicetak oleh Ikhsan Fandi.

Ada kejadian menarik pada laga semi final ini. Ezra Walian yang semula dimasukkan ke lapangan untuk menggantikan Dedik Setiawan pada menit 46, harus ditarik keluar pada menit 79 dan digantikan oleh Hanis Saghara. Pergantian ini terjadi bisa karena dengan masukknya Ezra Walian tidak memberikan dampak di lapangan, dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, segera menggantinya dengan pemain yang lebih memiliki kecepatan di lini serang, Hanis Saghara.

Keputusan ini memiliki harapan untuk strategi permainan Timnas Indonesia berjalan sesuai rencana.

Pada laga ini, Timnas Indonesia kembali menggunakan formasi lima bek. Formasi ini sama seperti saat menghadapi Vietnam. Namun uniknya, Timnas Indonesia sama sekali tak terlihat bermain bertahan.

Pada pertandingan leg kedua nanti bisa dipastikan akan lebih bermain terbuka bagi kedua kesebelasan. Karena sama-sama mengincar kemenangan agar dapat melaju ke partai final Piala AFF 2020.

Nanti, siapa yang menang antara Timnas Indonesia dan Singapura, akan saling berhadapan di final dari pemenang dari semi final lain yang mempertemukan Vietnam dan Thailand. Harapan masyarakat Indonesia agar Timnas Indonesia dapat membawa pulang ke tanah air piala AFF untuk pertama kalinya.

SHARE
Kontributor Gangkecil.com, mahasiswa Universitas Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here