Kalahkan Malaysia 4-1, Timnas Indonesia Berpeluang Besar Jadi Juara Piala AFF

0
121
Sumber: pssi.org

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor cukup telak 4-1 di pertandingan penentuan untuk lolos ke semi final Piala AFF 2020 di Singapura. Timnas Indonesia yang berstatus juara Grup B akan bertemu Singapura pada Semi Final yang menjadi runner-up Grup A.

Di pertandingan yang lain, Vietnam berhasil menang 4-0 atas Kamboja dan mendampingi Timnas Indonesia ke semi final. Vietnam sendiri akan bertemu dengan Thailand yang berstatus juara Grup A.  Meskipun Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki 10 poin, tetapi Timnas Indonesia unggul dalam produktivitas gol.

Laga penentuan ini berjalan dengan sangat sengit. Kedua tim sama-sama memainkan tempo yang cukup tinggi. Meskipun Timnas Indonesia harus tertinggal terlebih dulu pada menit 13 lewat gol dari Kogoleswaran Raj, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan pada menit 36 lewat gol dari Irfan Jaya. Tak sampai di situ, Irfan Jaya mencetak gol keduanya pada pertandingan ini pada menit 43 dan membawa Timnas Indonesia unggul 2-1 sampai babak pertama selesai.

Permainan Irfan Jaya di lini serang Timnas Indonesia membuat pertahanan Malaysia porak poranda. Dengan kecepatan dan skill individunya membuktikan bahwa ia memang layak untuk mendapat tempat di Timnas Indonesia dan menjadi starter pada laga yang bertajub Derbi Nusantara ini.

Pada babak kedua, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong melakukan manuver dengan mengganti Ramai Rumakiek yang berposisi penyerang digantikan Elkan Baggott yang berposisi bek. Meskipun begitu, tensi permainan tetap tinggi. Jual beli serangan pada babak kedua tetap terjadi.

Timnas Indonesia berhasil menambah skor pada menit 50 yang dicetak oleh Pratama Arhan. Pemain bertahan ini bekerja sangat keras karena ditugaskan untuk menjaga pertahanan dan juga membantu penyerangan Timnas Indonesia. Pada menit 82 Timnas Indonesia berhasil menyempurnakan kemenangan 4-1 dari Malaysia yang dicetak oleh pemain yang bermain di eropa Elkan Baggott setelah mendapat umpan manis dari Evan Dimas saat sepak pojok.

Meskipun Malaysia melakukan beberpa pergantian untuk membalikkan keadaan, dengan solidnya pertahanan Timnas Indonesia, penyerang Malaysia kesulitan untuk mencetak gol. Dengan hasil ini dapat dipastikan Malaysia gagal untuk ke semi final dengan hanya mengoleksi 6 poin.

Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk menjadi juara Piala AFF untuk pertama kalinya. Dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia sangat dibutuhkan untuk dapat membawa pulang Piala AFF ke Indonesia.

SHARE
Kontributor Gangkecil.com, mahasiswa Universitas Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here