Lakpesdam NU Bojonegoro Gelar Workshop Website Creator

LAKPESDAM NU, merupakan suatu lembaga di bawah Nahdlatul Ulama’ (NU) yang berperan sebagai lembaga kajian isu-isu strategis dan pemberdayaan manusia untuk transformasi sosial yang berkeadilan dan bermartabat.

Hal tersebut telah tertera dengan jelas di website LAKPESDAM PBNU, lembaga ini juga memiliki peran penting dalam mengkaji isu-isu strategis kebangsaan dan keislaman.

Selain itu, juga mempunyai peran dalam mengelola pengetahuan dan sumber-sumbernya guna memberikan manfaat dalam pemberdayaan manusia dan pengembangan ilmu. Serta beberapa peran penting lainnya. Maka LAKPESDAM NU memegang peran penting dalam pemberdayaan manusia dan pengembangan ilmu pengetahuan, khusunya di kalangan kaum Nahdliyin.

Adanya perkembangan teknologi komunikasi dapat mempengaruhi cara seseorang dalam berinteraksi. Teknologi komunikasi telah melahirkan internet yang mempengaruhi setiap bidang kehidupan manusia. Melalui koneksi internet interaksi sosial kini telah dapat terjadi dengan mudah. Perusahaan telekomunikasi menciptakan banyak fiture atau aplikasi untuk memudahkan berkomunikasi dengan adanya media sosial.

Baca Juga:  Kita Terpaksa Menyerah pada Hama Tikus, Atau ….

Pada era disruption ini perkembangan informasi sudah sangat cepat, maka diperlukan sikap yang bijak dalam menanggapinya. Tekhnologi seperti halmnya dengan dua mata pisau, dapat memberikan manfaat namun juga dapat memberikan mudharat.

Menurut Kurnia dkk (2018), Website merupakan sebuah sarana komunikasi yang dapat digunakan sebagai tempat informasi (sumber informasi) dan dalam penggunaannya diperlukan keterampilan literasi media.

Dalam menanggapi fenomena ini LAKPESDAM PCNU Bojonegoro akan menggelar Workshop Website Creator Batch#1.

Menurut Rizal Zubad Firdausi, sekretaris LAKPESDAM PCNU Bojonegoro mengungkapkan “Kegiatan ini dilakukan bertahap, maksudnya setelah ini akan mendapatkan pelatihan-pelatihan yang selanjutnya, dan ini adalah langkah awal”. Kegiatan ini akan memiliki tindak lanjut pada tahap selanjutnya.

Kegiatan ini diadakan secara tertutup dan hanya mengundang seluruh lembaga serta banom (Badan Otonom) yang berada di bawah naungan PCNU Bojonegoro. Pada sesi yang pertama setiap banom dan lembaga maksimal mengirimkan dua delegasi sebagai peserta Workshop Website Creator Batch#1.

Baca Juga:  Dunia Sophie Episode Para Filosof Alam; Perdebatan Para Filosof Awal & Lahirnya Sains

“Setiap banom dan lembaga akan mendapatkan fasilitas website yang nantinya akan dikelola pengurusnya masing-masing,” tuturnya.

Organisasi, kata dia, memerlukan kepercayaan publik agar setiap aktifitasnya dapat diterima dengan baik oleh khalayak ramai. Untuk menguatkan kepercayaan publik tersebut, sebuah organisasi memerlukan sebuah website yang menyediakan informasi serta merta dan informasi secara berkala kepada publik sebagai tanda bahwa organisasi tersebut ada, dapat dicari dan masih eksis.

Penggunaan Website merupakan kantor digital yang terbuka secara publik dan tanpa di batasi waktu serta tempat, setiap orang dapat mencari informasi dari manapun dan kapanpun. “Website itu kantor kedua bagi organisasi yang memberikan pelayanan dan informasi, NU jangan sampai ketinggalan di sini,” ungkap sekretaris LAKPESDAM PCNU Bojonegoro.

Baca Juga:  Pesan dan Kesan Usai Menonton Film Pendek “KTP”

Jadi, dengan adanya fasilitas website yang diberikan dapat dikelola dengan baik oleh setiap pengurus banom dan lembaga. Sehingga dapat digunakan dengan baik dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat publik.

“Jadi, orang tidak perlu lagi repot datang ke kantor untuk mencari informasi, cukup membuka website setiap lembaga dan banom,” ujarnya.

Sesuai dengan acuan Term Of Reference kegiatan ini mengambil tema “Transformasi Digital Untuk Pengembangan SDM NU”.

Kegiatan ini akan digelar pada hari Sabtu tanggal 26 Maret 2022, yang bertempat di Aula Rusunawa PCNU Bojonegoro. Workshop Website Creator Batch#1 akan dilatih langsung oleh narasumber dari Dosen Informatika Universitas NU Sunan Giri Bojonegoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *