BUKU  

Merahnya Merah Karya Iwan Simatupang

Merahnya Merah

Identitas Buku

Judul : Merahny Merah
Penulis : Iwan Simatupang
Penerbit : CV HAJI MASAGUNG
Tebal : 124 hlm
Cetakan : Ketujuh tahun : 1988

Sinopsis :
Merahnya Merah

Sebelum revolusi, dia calon rahib.
Selama revolusi, dia komandan kompi.
Di akhir revolusi, dia algojo berdarah dingin.
Sesudah revolusi, dia masuk rumah sakit jiwa!
Setelah dinyatakan sehat, tokoh kita jadi gelandangan yang bukan sembarangan, lain dari yang lain, yang juga berhasil merasakan bahagia, walau, “Tragikku adalah tragik dari sebelum tragik, tragik rangkap dua,!” Ucap Tokoh kita.

Baca Juga:  Rahasia Sukses & Umur Panjang Itu.....

Di dunia nya itu, Dia bertemu Maria, calon Jururawat yang gagal, Bekas pembantu rumah tangga dan Pastoran yang diperkosa dan jadi gelandangan. Lalu muncul toko lain di tengah tengah percintaan toko kita & Maria yaitu Fifi, 14 tahun, Korban pemerkosaan oleh para gerombolan. Kemudian tumbuh cinta Segitiga yang aneh dan “Revolusioner”!

Tetapi kemana Ketiga tiganya, berturutturut hilang, tidak kembali? Sunggu edan; Sampai sibuk semua: Song Centeng, Kosong bekas bang becak, para gelandangan seluruh kota, dokter tentara bekas ajudan toko kita, para tentara dan polisi, sampai Pangdam dan pangdak!
Hilang, tak kembali, apa sesungguhnya yang terjadi?

Baca Juga:  Madura Tertawa Tak Bisa Dikalahkan

Inilah karya Iwan Simatupang yang terkenal itu,
“roman baru” di mana setiap tokoh, dengan perasaan-pikiran-tindakannya, adalah filsafat yang dipersonifikasikan, “filsafat in-action” atau orang-darah-daging yang di-filsafat-eksistensialis-kan!

Inilah “roman baru” yang selalu terasa baru setiap dibaca-ulang; dan pemunculannya telah “menggegerkan” dunia Kesusastraan Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *