Performa Ryzen 3 3200G Dibandingkan dengan Prosesor Lainnya: Temukan Jawabannya di Sini

Performa Ryzen 3 3200G Dibandingkan dengan Prosesor Lainnya Temukan Jawabannya di Sini
Performa Ryzen 3 3200G Dibandingkan dengan Prosesor Lainnya Temukan Jawabannya di Sini(Sumber: Instagram)

Gangkecil – AMD Ryzen 3 3200G adalah salah satu dari sejumlah prosesor yang diproduksi oleh AMD yang telah memperoleh reputasi sebagai pemain yang handal dalam performa prosesor.

Daya tarik inilah yang mendorong banyak pengguna untuk bertanya-tanya, dengan rasa ingin tahu, bagaimana AMD Ryzen 3 3200G sebanding dengan prosesor-prosesor lain di pasaran. Memahami persamaan ini adalah langkah awal yang penting ketika seseorang berencana untuk membeli komputer atau laptop baru.

Dalam artikel ini, portal Gangkecil akan memecahkan teka-teki ini dengan memberikan penjelasan yang rinci.

Sebelum kita membahas persamaan AMD Ryzen 3 3200G dengan prosesor lainnya, mari kita terlebih dahulu menjelajahi spesifikasi dari AMD Ryzen 3 3200G ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kinerja prosesor tersebut.

Spesifikasi AMD Ryzen 3 3200G

AMD Ryzen 3 3200G pertama kali dirilis oleh AMD pada tahun 2019. Prosesor ini dirancang untuk digunakan dalam berbagai konteks, termasuk laptop untuk gaming dan penggunaan sehari-hari.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi HP Vivo Mentok Logo, Kenali Penyababnya

Menurut informasi yang ditemukan di laman resmi amd.com, spesifikasi AMD Ryzen 3 3200G hampir mirip dengan seri prosesor sebelumnya, dengan perbedaan utama terletak pada clockspeed yang mencapai hingga 4.0 GHz dan clockspeed dasar sebesar 3.6 GHz.

Prosesor Ryzen 3 3200G ini memiliki empat inti (quad-core) yang mampu memberikan performa yang baik untuk berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk pengeditan saat membuat konten.

Selain itu, menurut informasi dari laman murdockruz.com, nilai Thermal Power (TP) dari seri ini dianggap setara dengan seri 2200G.

Namun, AMD menjanjikan bahwa CPU dari seri ini lebih efisien dalam konsumsi daya, sehingga meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan.

Prosesor ini juga memanfaatkan teknologi fabrikasi 12 nm yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Dari segi memori, AMD Ryzen 3 3200G menggunakan DDR4 2993MHz dengan dukungan dual-channel.

Selain menyuguhkan performa yang handal, prosesor ini juga dilengkapi dengan VGA Radeon Vega Inside yang memberikan kinerja yang cukup baik untuk aktivitas gaming eSport.

Baca Juga:  Perbandingan Menarik: Yamaha Lexi S 150 2024 vs Honda BeAT 150 Terbaru di Pasar Indonesia

Dengan kartu grafis ini, pengguna dapat menikmati visual grafis pada permainan hingga resolusi 1080p.

VGA Radeon Vega 8 memiliki clockspeed sebesar 1250MHz dengan bus width 128-bit dan kemampuan untuk mengalokasikan memori dari sistem dengan optimal.

Persamaan AMD Ryzen 3 3200G dengan Prosesor Lainnya

Menurut penelusuran yang dilakukan oleh Gangkecil melalui berbagai sumber, AMD Ryzen 3 3200G sebanding dengan prosesor Intel Core i3 generasi ke-9.

Seri ini dapat dianggap sebagai produk Intel dalam kategori CPU entry-level yang memiliki performa yang mumpuni.

Mirip dengan AMD Ryzen 3 3200G, Intel Core i3 generasi ke-9 juga dilengkapi dengan empat inti (quad-core) dan menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm.

Dalam hal produktivitas, Intel Core i3 generasi ke-9 memiliki keunggulan yang signifikan dibandingkan dengan AMD Ryzen 3 3200G.

Pada tes parameter Cinebench R15, Intel Core i3 generasi ke-9 mengungguli AMD Ryzen 3 3200G dengan perbedaan kinerja mencapai 11 persen.

Namun, penting untuk dicatat bahwa AMD Ryzen 3 3200G memiliki keunggulan dalam hal daya tahan, yang berarti bahwa perangkat komputer yang menggunakannya memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengalami overheating.

Baca Juga:  Harga dan Spesifikasi Terbaru Oppo Reno 10 5G: Dijual Mulai Rp 5,9 Juta, Kamera Ultra-Clear Potrait

Di sisi lain, prosesor Intel Core i3 generasi ke-9 dapat memiliki risiko panas yang lebih tinggi, terutama jika hanya menggunakan pendingin CPU bawaan yang mungkin tidak sekuat.

Oleh karena itu, semakin tinggi suhu perangkat yang digunakan, semakin keras prosesor harus bekerja, yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu yang signifikan pada CPU.

Dalam hal ini, AMD Ryzen 3 3200G menawarkan keunggulan dalam hal manajemen suhu yang lebih efisien.

Dengan demikian, pemahaman tentang persamaan antara AMD Ryzen 3 3200G dan prosesor Intel Core i3 generasi ke-9 akan membantu calon pembeli dalam membuat keputusan yang lebih cerdas saat memilih komponen prosesor untuk sistem mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *