Rahasia Kue Apem Tape Singkong Super Empuk dan Manis Legit yang Akan Membuat Lidah Anda Bergoyang! Kue Tradisional yang Pas Banget Buat Isi Berkat!

Rahasia Kue Apem Tape Singkong Super Empuk dan Manis Legit yang Akan Membuat Lidah Anda Bergoyang! Kue Tradisional yang Pas Banget Buat Isi Berkat!
Rahasia Kue Apem Tape Singkong Super Empuk dan Manis Legit yang Akan Membuat Lidah Anda Bergoyang! Kue Tradisional yang Pas Banget Buat Isi Berkat! (Sumber: Instagram)

Gangkecil – Artikel Ini Akan Mengupas Tuntas “Rahasia Kue Apem Tape Singkong Super Empuk dan Manis Legit yang Akan Membuat Lidah Anda Bergoyang! Kue Tradisional yang Pas Banget Buat Isi Berkat!”

Tak bisa dipungkiri, Indonesia memang surganya ragam kuliner, terutama kue-kue tradisional yang selalu mencuri perhatian.

Salah satu primadona dalam dunia kue tradisional adalah kue apem tape singkong.

Rahasia di balik kelezatan kue apem tape singkong ini terletak pada komposisi yang pas: tepung beras berkualitas, gula merah yang menyiratkan cita rasa khas Indonesia, dan tentu saja, tape singkong yang menghadirkan karakter unik.

Begitu sentuhan santan dan aroma harum daun pandan menyatu, muncullah kue apem tape singkong yang menjadi kelezatan yang tak terlupakan.

Keseruan mencicipi kue apem tape singkong ini tergambar dalam balutan rasa manis yang legit, serta kelembutan teksturnya yang sungguh menggoda.

Tidak hanya untuk kalangan muda, kue ini juga menjadi camilan favorit bagi para tua-tua yang ingin mengingat kembali kenangan masa lalu.

Baca Juga:  Resep Bolu Tape Kukus Tanpa Telur yang Lembut, Harum, dan Empuk dengan Bahan Sederhana, Serba Praktis, Cocok untuk Pemula yang Ingin Berjualan!

Tak hanya sebagai makanan penutup yang lezat, kue apem tape singkong juga memiliki makna mendalam dalam budaya kita.

Di banyak kampung, kue ini menjadi sajian tak tergantikan dalam acara-acara hajatan maupun sebagai berkat kepada para tamu.

Bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga simbol dari keramahtamahan dan kebersamaan.

Jika ingin merasakan sensasi membuat sendiri kue apem tape singkong, jangan lewatkan resep istimewa dari Babad.id yang siap mengantarmu ke dapur.

Dapatkan inspirasi dan arahan dari resep kue apem tape singkong yang terbukti berhasil dari akun Instagram @luis_widarto, yang pastinya akan mengantarkanmu pada pengalaman memasak yang tak terlupakan.

Berikut adalah resep yang tak boleh dilewatkan:

Resep Kue Apem Tape Singkong

Bahan:

  • 150 gram tape singkong, haluskan
  • 200 gram gula merah, sisir
  • 1 lembar daun pandan
  • 400 mililiter santan (2 bungkus santan instan + air)
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 250 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh garam
Baca Juga:  Menggoda Lidah dengan Resep Masakan Sunda Bandung Terbaik

Bahan Lain:

  • secukupnya daun pisang, bentuk seperti takir

Bahan Taburan (Kukus 5 menit):

  • 100 gram kelapa parut
  • sejumput garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Kue Apem Tape Singkong

1. Pertama, campurkan gula merah, daun pandan, dan santan dalam panci, lalu rebus hingga gula larut. Setelah itu, saring campuran ini dan biarkan hingga suhu hangat kuku.

2. Selanjutnya, siapkan ragi instan dalam wadah dan tuangkan sedikit larutan gula merah. Aduk hingga merata.

3. Tambahkan tape singkong ke dalam wadah, aduk hingga merata, kemudian tambahkan garam dan tepung beras.

4. Secara perlahan, tuangkan larutan gula merah ke dalam adonan sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.

5. Diamkan adonan selama 1 jam, lalu aduk kembali untuk mengeluarkan udara yang terperangkap.

6. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh, lalu kukus selama sekitar 30 menit hingga matang dan mengembang.

Baca Juga:  Resep Nasi Uduk Magic Com dengan Santan Kara, Kelezatan dalam Satu Gigitan

7. Setelah matang, angkat kue dan taburi dengan campuran kelapa parut yang telah dikukus sebentar bersama garam dan daun pandan.

8. Kini, kue apem tape singkong siap untuk dinikmati dalam kehangatan.

Demikianlah Ulasan Terbaru Tentang “Rahasia Kue Apem Tape Singkong Super Empuk dan Manis Legit yang Akan Membuat Lidah Anda Bergoyang! Kue Tradisional yang Pas Banget Buat Isi Berkat!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *