Resep Brownies Kukus: Lembut, Moist, dan Tak Gagal, Ideal untuk Arisan dan Pengajian Ibu-ibu RT

Resep Brownies Kukus Lembut, Moist, dan Tak Gagal, Ideal untuk Arisan dan Pengajian Ibu-ibu RT
Resep Brownies Kukus Lembut, Moist, dan Tak Gagal, Ideal untuk Arisan dan Pengajian Ibu-ibu RT (Sumber: Instagram)

Gangkecil – Ketika Anda mengunjungi Kota Bandung, pengalaman wisata Anda tak akan lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh berupa brownies kukus.

Namun, jangan khawatir jika Anda tidak memiliki rencana segera pergi ke Kota Bandung, karena sekarang Anda dapat dengan mudah membuat brownies kukus yang lezat ini di rumah Anda sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang tersedia di dapur Anda.

Salah satu daya tarik utama dari resep brownies kukus ini adalah teksturnya yang begitu lembut dan moist, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk berbagai acara, seperti arisan atau pengajian ibu-ibu RT di lingkungan Anda.

Brownies ini akan menjadi sajian yang dicintai oleh semua orang dan membuat Anda meraih pujian atas keahlian memasak Anda.

Berikut adalah resep lengkap untuk membuat brownies kukus yang cukup untuk 12 potong:

Bahan-Bahan:

  • 300 gram cokelat masak pekat
  • 300 gram mentega tawar
  • 1/8 sendok teh garam
  • 6 butir telur ayam
  • 250 gram gula pasir
  • 200 ml susu cair
Baca Juga:  Resep Es Krim Beng Beng Susu yang Lembut dan Manis, Pasti Bikin Anak-anak Ketagihan!

Bahan untuk Diayak:

  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • 75 gram cokelat bubuk

Bahan untuk Lapisan Cokelat (tim sampai meleleh):

  • 250 gram cokelat masak pekat
  • 125 ml krim kental atau heavy cream

Cara Membuat:

1. Pertama, siapkan 2 loyang persegi dengan ukuran 15 x 30 x 3 cm. Olesilah permukaannya dengan mentega dan taburkan sedikit tepung terigu, lalu sisihkan.

2. Campurkan cokelat dan mentega, kemudian tim keduanya sampai meleleh sepenuhnya. Setelah itu, angkat dari panas. Tambahkan garam, aduk rata, dan sisihkan campuran ini untuk sementara.

3. Dalam sebuah mangkuk terpisah, kocok telur bersama gula pasir menggunakan mixer hingga adonan mengembang dengan baik. Kemudian, tambahkan campuran cokelat yang telah dilelehkan dan susu sambil terus diaduk hingga semuanya tercampur secara merata.

4. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan cokelat bubuk ke dalam adonan secara bertahap sambil diaduk perlahan menggunakan spatula karet hingga semuanya tercampur rata. Setelah itu, tuangkan adonan ini ke dalam loyang yang telah Anda siapkan sebelumnya, lalu ratakan permukaannya.

Baca Juga:  Rahasia Membuat Bluder Cake Lezat dengan Hanya 1 Telur dan Tanpa Alat Mixer! Ternyata Rice Cooker Bekas Jadi Solusinya!

5. Selanjutnya, letakkan loyang berisi adonan brownies ke dalam loyang yang lebih besar. Tuangkan air mendidih ke dalam loyang yang lebih besar hingga mencapai setengah tinggi loyang brownies. Ini adalah teknik au bain marie yang akan membantu memasak brownies dengan lembut dan merata.

6. Panggang brownies dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180 derajat Celsius hingga matang, biasanya sekitar 30 menit. Setelah matang, angkat dari oven dan biarkan mendingin.

7. Setelah brownies tidak lagi panas, keluarkan dari loyang dan lanjutkan dengan langkah berikutnya. Olesi lapisan cokelat pada satu permukaan kue, ratakan dengan hati-hati. Lalu, tumpuk kue kedua di atasnya sambil ditekan agar menempel dengan baik dan permukaannya rata.

Baca Juga:  Membuat Putu Mayang Sagu yang SENSASIONAL! Teknik Super Gampang untuk Pemula!

8. Terakhir, potong brownies menjadi potongan-potongan sesuai selera Anda dan sajikan! Dengan rasa lembut, moist, dan rasa cokelat yang kaya, brownies kukus ini pasti akan menjadi favorit di setiap kesempatan. Selamat menikmati!

Dengan resep ini, Anda dapat dengan mudah membuat brownies kukus yang lezat dan memukau teman-teman dan keluarga Anda di setiap kesempatan khusus atau hanya untuk memanjakan diri sendiri.

Semoga berhasil dan selamat mencicipi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *