Resep Lumpia yang Lezat, Ketahui Asal-usul dan Jenisnya

Resep Lumpia/Sumber: Wikipedia

Lumpia adalah kue yang tak asing bagi lidah orang Indonesia. Lumpia merupakan makanan yang memiliki sejarah yang panjang dan berasal dari Tiongkok. Awalnya, lumpia dikenal sebagai “popiah” dalam bahasa Hokkian, dan makanan ini dibawa oleh para imigran Tionghoa ke Indonesia pada zaman kolonial Belanda.

Di Indonesia, lumpia telah mengalami berbagai modifikasi dan variasi sesuai dengan kebiasaan dan selera lokal. Lumpia sendiri telah menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia, dan dianggap sebagai makanan ringan yang cocok untuk disantap sebagai camilan maupun hidangan utama. Selain itu, lumpia juga dikenal di beberapa negara Asia seperti Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Resep Lumpia yang Simpel:

Bahan-bahan:

Baca Juga:  Cara Membuat Chocolate Butter Peanut yang Menggugah Selera: Sensasi Biskuit Roma dengan Taburan Kelapa yang Menggoda! Klik di Sini untuk Lezatnya!

15 lembar kulit lumpia
100 gram daging ayam, cincang halus
100 gram udang, cincang halus
1 buah wortel, dipotong kecil-kecil
2 batang seledri, diiris halus
1 siung bawang putih, dihaluskan
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:

– Campurkan daging ayam, udang, wortel, seledri, bawang putih, garam, dan merica dalam satu wadah. Aduk rata.
– Ambil satu lembar kulit lumpia, letakkan sedikit adonan di tengah kulit. Lipat bagian bawah kulit ke atas, lalu lipat kedua sisi ke tengah. Gulung hingga ujung kulit, lalu oleskan air pada ujung kulit dan lipatkan.
– Panaskan minyak goreng dalam wajan.
– Masukkan lumpia yang sudah digulung ke dalam wajan, dan goreng hingga kecoklatan.
– Angkat lumpia, tiriskan dari minyak, dan sajikan.

Baca Juga:  Ayam Bakar Bumbu Bali: Nikmati Kelezatan Tradisional Bali di Rumah Anda

Jenis lumpia yang banyak ada di Indonesia

1. Lumpia Semarang: merupakan jenis lumpia yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Biasanya diisi dengan rebung, telur, ayam, dan udang.

2. Lumpia Basah: merupakan jenis lumpia yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Lumpia ini berisi tauge, ayam, dan telur, lalu dilumuri dengan saus kacang.

3. Lumpia Goreng: jenis lumpia yang digoreng dan biasanya diisi dengan daging ayam atau udang, sayuran seperti wortel, kentang, dan tauge.

4. Lumpia Jakarta: merupakan jenis lumpia yang berasal dari Jakarta. Lumpia ini diisi dengan tauge, udang, ayam, telur, dan jamur.

5. Lumpia Shanghai: jenis lumpia yang berasal dari Shanghai, Cina. Lumpia ini diisi dengan daging babi, udang, sayuran, dan rempah-rempah.

Baca Juga:  "Anti Gagal! Tips dan Cara Bikin Kulit Tortilla yang Benar, Cukup Siapkan Bahan ini, Semua Pasti Bisa Buat, Rahasia Kelezatan Tersembunyi Terungkap!

6. Lumpia Salad: jenis lumpia yang biasanya terdiri dari sayuran segar seperti selada, wortel, mentimun, dan tauge. Lumpia ini biasanya tidak digoreng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *