Resep Mudah: Wajik Ketan Gula Merah Kukus yang Manis, Legit, dan Pulen dengan Loyang Praktis

Resep Mudah Wajik Ketan Gula Merah Kukus yang Manis, Legit, dan Pulen dengan Loyang Praktis
Resep Mudah Wajik Ketan Gula Merah Kukus yang Manis, Legit, dan Pulen dengan Loyang Praktis

Gangkecil – Tetap memikirkan kembali mengenai cita rasa tradisional yang telah melekat selama bertahun-tahun, wajik ketan gula merah adalah cemilan yang manis, legit, dan pulen yang tak pernah kehilangan pesonanya.

Rasa manis yang tak berlebihan, yang justru mengundang keinginan untuk terus mencicipi, dan teksturnya yang lembut dan kenyal membuatnya tetap menjadi pilihan favorit banyak orang hingga hari ini.

Salah satu hal yang membuat wajik ketan gula merah begitu menarik adalah kemudahan dalam pembuatannya.

Anda tidak perlu berbelanja cetakan khusus atau alat yang rumit. Cukup dengan menggunakan loyang dan pemotong sederhana, Anda dapat menghasilkan potongan-potongan wajik yang cantik dan rapi.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan dalam resep wajik ketan gula merah ini sangatlah sederhana dan mudah ditemukan di berbagai tempat.

Baca Juga:  Trik Membuat Sop Daging Rempah Istimewa yang Gurih, Wangi, dan Lezat

Ini berarti Anda dapat memasak kapan saja Anda menginginkannya, tanpa harus mencari-cari bahan yang sulit ditemukan.

Penasaran dengan bagaimana cara membuatnya? Mari kita simak resep berikut ini:

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 500 gram beras ketan, yang perlu direndam selama 4 jam untuk hasil terbaik
  • 250 ml air panas

Bahan-bahan Pelengkap Wajik Ketan:

  • 300 ml santan
  • 150 gram gula merah
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan

Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah yang Lezat:

Pertama-tama, kukus beras ketan yang telah Anda cuci dan rendam selama 20 menit. Ini akan membuat ketan menjadi lebih lunak dan mudah untuk diolah.

Setelah itu, siram beras ketan dengan air panas secara merata. Anda bisa melakukannya dengan perlahan-lahan untuk memastikan ketan meresap dengan baik. Kukus kembali selama 10 menit.

Baca Juga:  Dijamin Ketagihan! Resep Tumis Tahu Daun Bawang Super Praktis yang Bikin Lidah Bergoyang dengan Budget Hemat!

Sementara itu, siapkan campuran gula merah, gula pasir, santan, garam, dan daun pandan dalam panci. Panaskan campuran ini di atas api sambil sesekali diaduk. Tunggu hingga campuran mulai berbuih.

Setelah campuran gula merah telah berbuih dan tercampur rata dengan santan, masukkan beras ketan yang telah di kukus. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Tuangkan campuran ketan dan gula merah ke dalam loyang yang telah diolesi dengan minyak. Padatkan campuran ini agar mengisi loyang secara merata.

Biarkan campuran mendingin dan mengeras. Ini biasanya memerlukan beberapa jam di dalam lemari es.

Setelah campuran benar-benar dingin, potong-potong wajik sesuai selera Anda. Anda dapat membuat potongan-potongan kecil untuk camilan atau potongan yang lebih besar untuk hidangan penutup yang mengesankan.

Baca Juga:  Resep Kue Cincin Gula Merah: Kombinasi Gula Aren dan Tepung Beras untuk Kelezatan Manis Khas

Sajikan wajik ketan gula merah ini dengan bangga kepada keluarga dan teman-teman Anda. Nikmati rasa manis, legit, dan pulen yang menjadi ciri khas dari hidangan ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *