Resep Ongol-Ongol Menggoda: Kelezatan Olahan Santan dan Gula Merah

Resep Ongol-Ongol Menggoda Kelezatan Olahan Santan dan Gula Merah
Resep Ongol-Ongol Menggoda Kelezatan Olahan Santan dan Gula Merah(Sumber: Instagram)

Gangkecil – Ongol-Ongol adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dikenal dengan rasa yang begitu lezat dan mampu menggoda lidah siapa saja yang mencicipinya.

Olahan ini terbuat dari bahan utama yang sangat khas dalam kuliner Indonesia, yaitu santan dan gula merah.

Yang membuat Ongol-Ongol begitu istimewa adalah teksturnya yang kenyal dan rasa manis yang berasal dari gula merah yang dominan.

Ini adalah makanan penutup yang sangat populer di seluruh Indonesia dan seringkali menjadi hidangan favorit di berbagai acara khusus, termasuk perayaan tradisional dan keluarga.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat Ongol-Ongol yang lezat dan autentik di rumah, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung tapioka
  • 180 – 200 gram gula merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml santan
Baca Juga:  Kue Lapis Tepung Beras dan Tapioka: Kelezatan Tradisi Rumahan dengan Rasa dan Tekstur yang Khas!

Bahan Taburan:

  • 150 gram kelapa parut (ambil bagian putihnya)
  • 1/4 sendok teh garam

Langkah-langkah Persiapan Bahan:

1. Langkah pertama adalah mencampur santan dengan gula merah dalam panci, kemudian mengaduknya hingga gula merah larut sepenuhnya. Setelah itu, panaskan campuran ini dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat dari api dan biarkan campuran ini dingin.

2. Selanjutnya, dalam wadah terpisah, Anda harus mencampurkan tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, dan garam hingga semua bahan tercampur rata dan homogen.

3. Kemudian, tuangkan campuran santan dan gula merah yang sudah didinginkan ke dalam adonan tepung. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan yang tersisa.

Baca Juga:  Cara Membuat Mie Goreng yang Enak dan Lezat! Trik Khusus yang Membuatnya Juara di Setiap Gigitan

4. Setelah adonan siap, saatnya untuk mengukusnya. Siapkan loyang atau wadah yang telah diolesi sedikit minyak agar adonan tidak lengket. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya. Selanjutnya, kukus adonan selama sekitar 30-40 menit hingga matang dan mengental.

5. Sementara adonan dikukus, Anda dapat menyiapkan taburan. Campur kelapa parut dengan garam, lalu kukus selama sekitar 10 menit hingga kelapa parut menjadi lebih harum dan berubah warna menjadi sedikit kecokelatan.

6. Setelah adonan Ongol-Ongol matang, keluarkan dari kukusan dan biarkan agak dingin. Kemudian, potong adonan menjadi potongan-potongan kecil atau sesuai selera. Taburi potongan-potongan Ongol-Ongol dengan kelapa parut yang telah Anda kukus sebelumnya.

Selamat, sekarang Ongol-Ongol yang lezat dan menggugah selera Anda sudah siap untuk disajikan!

Baca Juga:  Resep Balungan Ayam Kecap Pedas, Sensasi Pedas Gurih yang Menggoda!

Anda bisa menyantapnya sebagai camilan lezat di sore hari atau sebagai hidangan penutup yang menyegarkan setelah makan malam.

Jangan ragu untuk menghidangkan makanan istimewa ini pada berbagai kesempatan spesial atau hanya sebagai pencuci mulut yang menggoda.

Semoga Anda menikmati setiap gigitannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *