Resep Ongol-ongol Pandan Legit Kenyal dengan Aroma Harum Gurih Kelapa Parut: Cocok untuk Pemula atau Bisnis Jualan

Resep Ongol-ongol Pandan Legit Kenyal dengan Aroma Harum Gurih Kelapa Parut Cocok untuk Pemula atau Bisnis Jualan
Resep Ongol-ongol Pandan Legit Kenyal dengan Aroma Harum Gurih Kelapa Parut Cocok untuk Pemula atau Bisnis Jualan (Sumber: Instagram)

Gangkecil – Camilan manis tradisional yang tak bisa dilewatkan, ongol-ongol, hadir dengan tekstur yang begitu legit dan kenyal, serta rasa manis yang begitu pas sehingga selalu berhasil menggugah selera.

Namun, bukan itu saja yang membuatnya begitu istimewa. Kalian juga memiliki pilihan untuk memperkaya pengalaman kuliner kalian dengan menambahkan sentuhan pandan yang makin memikat dengan sensasi gurih yang tak terlupakan dari kelapa parut yang digunakan sebagai topping.

Mengungkap resep rahasia di balik kelezatan ongol-ongol ini, ternyata sangatlah simpel dan sangat mudah diikuti.

Bahkan tanpa perlu menggunakan cetakan khusus, ongol-ongol pandan berbahan dasar yang sederhana ini siap untuk kalian ciptakan kapan saja sesuai dengan keinginan dan selera kalian.

Baca Juga:  Resep Opor Ayam Kampung yang Enak, Lezat, dan Cocok untuk Hantaran ke Mertua Terkasih

Tak hanya sekadar menikmatinya sebagai camilan lezat, ongol-ongol pandan juga memiliki potensi besar untuk menjadi ide bisnis jualan favorit di pasar.

Jadi, jika kalian penasaran dan ingin mencoba untuk membuatnya sendiri atau bahkan menjualnya, inilah resep yang tepat untuk kalian ikuti:

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 500 mililiter santan
  • 350 gram gula pasir
  • 500 gram tepung kanji atau tepung tapioka
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1/4 sendok teh garam
  • 900 mililiter air
  • Vanili dan pasta pandan secukupnya

Langkah-langkah dalam Pembuatan:

Pertama, campurkan tepung kanji, garam, dan vanili dalam satu wadah. Kemudian, secara perlahan dan bertahap, masukkan santan sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan rata.

Baca Juga:  Rahasia Camilan Asinan Buah Istimewa: Sensasi Segar dan Pedas dalam Setiap Gigitan! Jangan Lewatkan Resep Praktisnya!

Selanjutnya, tambahkan pasta pandan dan minyak goreng ke dalam campuran adonan tersebut, dan pastikan untuk mengaduknya secara merata agar rasa pandan dan aroma yang unik tersebar sempurna.

Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti.

Untuk menghilangkan udara yang mungkin terperangkap di dalamnya, hentakkan loyang tersebut beberapa kali.

Proses terakhir adalah dengan melakukan proses pengukusan selama kurang lebih 1 jam, hingga ongol-ongol matang sempurna.

Setelah itu, angkat, dan sajikanlah ongol-ongol dalam keadaan dingin dengan taburan kelapa parut yang akan menambah kelezatan dan kenikmatannya.

Simpel, bukan? Selamat mencoba untuk menciptakan resep ongol-ongol pandan yang begitu manis, kenyal, legit, dan tentu saja gurih dengan tambahan kelapa parut yang lezat.

Baca Juga:  Bikin Ngiler! Resep Bolu Tiwul Empuk dari Tepung Gaplek yang Bikin Lidah Bergoyang! Yuk, Simak Cara Membuatnya!

Dengan resep ini, kalian bisa mengeksplorasi dunia kuliner yang lebih kaya dan memuaskan selera makan. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *