Swadaya Mandiri, Mahasiswa KKN Unugiri Gelar Lomba dan Nobar Film Perjuangan Kemerdekaan

Swadaya Mandiri, Mahasiswa KKN Unugiri Gelar Lomba dan Nobar Film Perjuangan Kemerdekaan
Swadaya Mandiri, Mahasiswa KKN Unugiri Gelar Lomba dan Nobar Film Perjuangan Kemerdekaan (Sumber: Dokumentas)

Rasa Nasionalisme menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar oleh siapapun, itulah yang membikin Mahasiswa KKN Unugiri dari kelompok 55 mengadakan lomba anak-anak dan nonton film dengan tema ‘Semangat Nasionalisme’ pada Senin, 15 Agustus 2023.

Perlombaan-perlombaan diadakan selama tiga hari, yaitu tanggal 11, 12 dan 14, dan nobar film pada tanggal 15. Nobar film ‘The Bettle Of Surabaya’ ini diikuti oleh berbagai kalangan usia, dari muda hingga tua yang didominasi oleh anak-anak.

Film ‘The Bettle Of Surabaya’ sendiri adalah sebuah film karya anak bangsa bergenre animasi yang mengangkat perjuangan pahlawan dan masyarakat Surabaya di peristiwa 10 November 1945.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN Unugiri Kelompok 28 adakan RTL Sosialisasi Digital Marketing dan Pengembangan UMKM

Dengan tokoh utama Musa, seorang anak yang menjadi kurir pesan-pesan rahasia para pejuang, film ini berhasil menyabet beberapa penghargaan bergengsi Nasional dan Internasional.

Koordinasi Desa atau Ketua Kelompok Mahasiswa KKN Unugiri Taufik mengatakan, bahwa kegiatan lomba dan nobar film tersebut berasal dari dana swadaya mahasiswa sendiri.

Swadaya Mandiri, Mahasiswa KKN Unugiri Gelar Lomba dan Nobar Film Perjuangan Kemerdekaan
Swadaya Mandiri, Mahasiswa KKN Unugiri Gelar Lomba dan Nobar Film Perjuangan Kemerdekaan (Sumber: Dokumentasi)

“Kegiatan lomba ini tujuannya adalah untuk memperingati dan meningkatkan nasionalme warga, khususnya anak-anak. Sementara dananya di berasal dari anggaran mahasiswa sendiri,” tuturnya.

Ia juga merasa senang dengan antusiasme dan banyaknya warga yang hadir di pemutaran film bertema ‘Semangat Nasionalisme’ tersebut.

Baca Juga:  PPDB SMP Bojonegoro Tahun 2020 Dimulai, Catat Jadwal dan Prosedurnya

“Kami semangat karena kebetulan di lingkungan KKN tidak ada kegiatan lomba atau nobar, kita inisiatif mengadakannya, dan alhamdulilah mendapat apresiasi positif dari warga setempat,” pungkasnya.

Nova (37) salah satu warga mengaku senang dan antusias dengan kegiatan tersebut.

“Senang karena bisa memberikan pengaruh positif untuk anak-anak, biar tahu dahulu perjuangan e pahlawan seperti apa. Selain itu bisa kumpul ramai-ramai juga,” tambahnya.

Sebelum nobar film, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hari Merdeka, kemudian sambutan panitia, pembacaan sinopsis film, pembagian hadiah lomba anak-anak dan terakhir adalah pemutaran film ‘The Bettle of Surabaya’. (Yuyun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *