Tak Cuma Enak, 11 Makanan Ini Direkomendasikan untuk Turunkan Kolesterol

Sayuran Segar/Pixabay

Selain menjaga pola hidup sehat, memilih makanan yang tepat juga merupakan langkah penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan yang bisa menjadi teman Anda dalam perjalanan menurunkan kolesterol:

1. Pisang: Pisang bukan hanya enak, tetapi juga mengandung zat inulin yang membantu mengendalikan kadar kolesterol. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau membuat jus pisang yang lezat dan menyehatkan.

2. Sayuran Hijau: Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung memiliki antioksidan yang dapat mengikat asam empedu dari kolesterol, membantu mengurangi akumulasi kolesterol dalam darah, dan juga mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga:  Terungkap! Trik Jitu Membuat Puding Pepaya Cantik dengan Hanya 4 Bahan! Bikin Iri Semua Orang dengan Sajian Ini!

3. Beras Merah: Beras merah kaya akan vitamin B, magnesium, selenium, dan fitonutrien yang membantu menurunkan kadar lemak dalam darah. Serat tinggi pada beras merah juga membantu mengontrol gula darah.

4. Gandum: Kandungan serat tinggi dalam gandum membantu menjaga kesehatan metabolisme dan menurunkan berat badan. Gandum menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kolesterol dalam batas normal.

5. Kedelai: Kedelai memiliki kandungan isoflavon yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Anda bisa mengolah kedelai menjadi berbagai jenis makanan, seperti tempe, tahu, atau susu kedelai.

6. Kacang-kacangan: Kacang tanah, almond, dan kenari mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat, vitamin, dan antioksidan dalam kacang-kacangan juga mendukung penurunan kolesterol.

Baca Juga:  Resep Kue Sagu Tanpa Keju, Lezat, Gurih, dan Mudah Dibuat

7. Ikan Salmon dan Asam Lemak Omega-3: Ikan seperti salmon, sarden, tuna, dan makarel mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Konsumsilah ikan-ikan ini secara teratur.

8. Alpukat: Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan nutrisi fitosterol yang membantu menjaga kadar kolesterol rendah dalam tubuh.

9. Buah Beri: Buah beri dengan indeks glikemik rendah membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

10. Cokelat Hitam: Dark chocolate mengandung antioksidan yang berperan dalam penurunan kolesterol jahat. Namun, konsumsi tetap perlu dijaga karena cokelat juga memiliki kalori tinggi.

Baca Juga:  Puding Jagung Telur, Cemilan Manis dengan Kandungan Kalori Tinggi dan Rasanya yang Lezat dan Lumer di Mulut

11. Bawang Putih: Bumbu dapur ini ternyata memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Sebelum mengubah pola makan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda. Dengan memilih makanan yang tepat, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *