Story  

Terungkap! 3 Kecamatan Paling Ramai di Jombang Jawa Timur! Siapakah yang Mendominasi, Jogoroto atau Diwek? Hasilnya Mengejutkan!

Terungkap! 3 Kecamatan Paling Ramai di Jombang Jawa Timur! Siapakah yang Mendominasi, Jogoroto atau Diwek Hasilnya Mengejutkan!
Terungkap! 3 Kecamatan Paling Ramai di Jombang Jawa Timur! Siapakah yang Mendominasi, Jogoroto atau Diwek Hasilnya Mengejutkan! (Sumber: Instagram)

Gangkecil – Terletak di bawah naungan Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Jombang mengemuka sebagai salah satu daerah yang memukau dengan wilayah yang amat luas.

Tidak tanggung-tanggung, luas wilayah Kabupaten Jombang membentang hingga 1159,50 kilometer persegi, dan menjadi rumah bagi 20 kecamatan yang beraneka ragam.

Sahabat dekat para penuntut ilmu, Kabupaten Jombang kerap disapa ‘Kota Santri’, memperlihatkan jumlah penduduk yang melonjak tinggi, hingga menggapai angka jutaan jiwa.

Sebuah sensus penduduk pada tahun 2022 mengungkap bahwa penduduk tetap yang menetap di Kabupaten Jombang mencapai 1.335.972 jiwa.

Baca Juga:  Stephen Duneier dan Cara Mewujudkan Mimpi Besar dengan Tindakan-Tindakan Kecil

Namun, sembari kita terpukau oleh angka tersebut, jangan terkejut mengetahui bahwa penyebaran penduduk di Kabupaten Jombang tak merata.

Di antara 20 kecamatan yang berpadu dalam harmoni di Jombang, ternyata ada tiga kecamatan yang menjadi sorotan karena kepadatan penduduknya yang luar biasa.

Dari sumber terpercaya, seperti yang terangkum dalam Kabupaten Jombang Dalam Angka 2023, inilah dia: Tiga kecamatan ramai di Jombang, Jawa Timur!

Kecamatan Jombang: Episentrum Kepadatan

Sorotan pertama jatuh pada Kecamatan Jombang yang ternyata tak hanya menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Kabupaten Jombang, melainkan juga menjadi yang terpadat.

Baca Juga:  Omah Joglo

Dengan angka kepadatan mencapai 3832 jiwa per kilometer persegi, Kecamatan Jombang benar-benar membuktikan bahwa pusat keramaian tak hanya sekadar geografis.

Jogoroto: Gemerlap di Kepadatan

Perhatian beranjak ke Kecamatan Jogoroto, yang dengan angka kepadatan 2548 jiwa per kilometer persegi, menempati peringkat ketiga dalam daftar kecamatan terpadat di Kabupaten Jombang.

Diwek: Kecamatan Bercahaya

Selain Kecamatan Jombang dan Jogoroto, Kecamatan Diwek juga turut bermain dalam kancah kepadatan penduduk Kabupaten Jombang.

Dengan jumlah penduduk sebanyak 2346 jiwa per kilometer persegi, Kecamatan Diwek mampu menancapkan posisinya sebagai yang teramai ketiga di Kabupaten Jombang.

Baca Juga:  5 Daerah Paling Makmur di Jawa Timur: Kamu Pasti Terkejut yang Nomor 1 Bukan Malang atau Sidoarjo, Tapi...

Jadi, siapa yang sangka? Meski luas wilayahnya membentang, Kabupaten Jombang menyimpan kisah menarik tentang kepadatan penduduk yang terfokus dalam tiga kecamatan unggulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *