Trik Goreng Terong Agar Warna Tetap Hijau dan Tak Berminyak Tanpa Bahan Tambahan

Trik Goreng Terong Agar Warna Tetap Hijau dan Tak Berminyak Tanpa Bahan Tambahan
Trik Goreng Terong Agar Warna Tetap Hijau dan Tak Berminyak Tanpa Bahan Tambahan (Sumber: Freepik)

Gangkecil – Eggplant atau terong (Solanum melongena) adalah tanaman berbunga yang masuk dalam golongan ‘nightshade’.

Dalam konteks ilmiah, terong sebenarnya termasuk dalam kategori buah, bukan sayuran, meskipun sering kali digunakan dalam hidangan sayuran.

Terong memiliki beragam jenis, termasuk varietas ungu, belanda, putih, hijau, dan lain-lain.

Dengan tekstur yang lembut dan rasa yang sedikit manis, terong menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai hidangan sehari-hari.

Salah satu hidangan terong yang paling digemari adalah terong goreng.

Selain dapat dinikmati dalam keadaan segar, terong goreng juga cocok sebagai bahan tambahan untuk hidangan seperti sambal balado.

Hidangan ini biasanya disajikan sebagai pendamping nasi hangat, tidak hanya memberikan rasa kenyang, tetapi juga menggoyang lidah dengan kelezatannya.

Namun, meskipun terong goreng begitu lezat, menggorengnya bisa menjadi tantangan karena terong memiliki kecenderungan untuk menyerap banyak minyak.

Baca Juga:  Coba Resep Tumis Tauge Tahu Hemat dan Lezat Ini, Pasti Langsung Jadi Favorit Sarapan Pagi Kamu!

Jika tidak digoreng dengan benar, terong dapat menjadi berminyak, teksturnya menjadi lembek, dan bahkan perubahannya warna menjadi kehitaman.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan wajan keramik dalam proses penggorengan terong.

Wajan keramik memiliki banyak kelebihan, termasuk kemudahan dalam membersihkannya.

Saat ini, di pasaran tersedia banyak pilihan wajan keramik dengan harga terjangkau. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan.

Salah satu cara lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengikuti metode yang telah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Endang Mengge.

Dalam salah satu videonya, ia berbagi cara menggoreng terong agar warnanya tetap cerah dan terhindar dari penyerapan minyak berlebih.

Yang menarik, cara yang ia bagikan sangat sederhana dan tidak memerlukan bahan tambahan khusus. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya?

Menurut informasi yang kami kutip dari YouTube Endang Mengge pada Minggu (28/8), kamu dapat memulai dengan tidak perlu mengupas kulit terong, cukup potong-potong terong sesuai selera.

Baca Juga:  Resep Sederhana Rica-rica Lele Pedas Gurih, Kuliner Satu Ini Bikin Ketagihan

Selanjutnya, bersihkan terong dengan mencucinya di bawah air mengalir. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang masih menempel di terong. Kemudian, tiriskan terong.

Selain itu, panaskan cukup banyak minyak goreng dalam wajan hingga keluar asap.

Penting untuk mencatat bahwa minyak goreng yang benar-benar panas adalah kunci keberhasilan dalam menggoreng terong agar tidak terlalu berminyak.

Ketika minyak goreng telah mencapai suhu yang tepat, masukkan terong yang telah dicuci bersih ke dalam wajan.

Selama proses penggorengan, aduk-aduk terong secara teratur agar matang merata dan tidak terlalu berminyak.

Setelah tekstur terong menjadi lembut dan matang, angkat terong goreng menggunakan saringan. Tunggu beberapa saat hingga sebagian besar minyak terong terkuras.

Hasilnya, terong goreng akan tetap berwarna hijau cerah, tidak berminyak, dan tetap lezat saat disantap. Bahkan minyak bekas penggorengan masih bisa digunakan lagi.

Baca Juga:  Mille Crepes Anti Gagal, Resep dan Tips untuk Dessert Luar Biasa

Video yang dibagikan oleh pengguna YouTube Endang Mengge ini telah dilihat lebih dari satu juta kali dan disukai oleh 7.2 ribu akun YouTube lainnya.

Dengan begitu banyak penonton yang menyukai metodenya, ini adalah cara yang patut dicoba jika kamu ingin menciptakan terong goreng yang sempurna dengan warna yang tetap cerah dan tekstur yang menggugah selera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *