Story  

Trik Sederhana Merawat Mixer Agar Lebih Awet

Cara merawat mixer/perxels

Merawat mixer adalah langkah penting untuk memastikan alat ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi mixer adalah alat yang dibutuhkan bagi ibu-ibu saat di dapur, terutama saat membuat kue. Jangan sampai saat hendak membuat kue, mixer rusak. Padahal, belum lama membeli.

Nah, berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda terapkan:

1. Cabut Kabel Listrik

Sebelum membersihkannya, pastikan untuk mencabut kabel listrik mixer terlebih dahulu. Penting untuk memastikan tangan Anda dalam keadaan kering agar terhindar dari risiko setrum.

Baca Juga:  Mahaiswa KKN 25 Klino UNUGIRI Gelar Pelatihan Digital Marketing

2. Lepas Bagian Mixer

Untuk membersihkan mixer dengan baik, lepas setiap bagian mixer. Ini akan memudahkan proses pembersihan. Pisahkan mangkuk, pengocok, dan leher mixer. Cucilah hingga bersih dari noda dan bau yang mungkin menempel.

3. Rendam dengan Air Panas dan Sabun

Merendam mixer menggunakan air panas dan sabun adalah cara efektif untuk menghilangkan sisa-sisa bahan kue yang menempel. Menambahkan air jeruk nipis akan mempercepat proses pembersihan. Gosok dengan spons lembut, kemudian keringkan dengan kain bersih.

Baca Juga:  Tertinggal di Toilet

4. Batas Waktu Penggunaan

Batasi waktu penggunaan mixer untuk menghaluskan adonan. Hal ini bertujuan untuk mencegah mesin mixer dari overheating. Jika penggunaan dalam jangka waktu lama diperlukan, berikan jeda selama 15 menit agar mesin dapat beristirahat.

5. Gunakan Minyak Pelumas

Tidak semua orang tahu bahwa mixer juga membutuhkan pelumas agar tetap berfungsi dengan baik. Pelumas membantu melancarkan gerakan mesin sehingga kinerjanya lebih optimal. Terbuka penjepit roda gigi, bersihkan setiap bagian mixer, lalu beri pelumas secara teratur, misalnya setiap enam bulan.

Baca Juga:  Trik Simpel Menyimpan Sayuran Agar Awet Segar, Ternyata Harus Dijauhkan dari Daging

Terakhir, penting untuk mempertimbangkan kualitas mixer saat membeli. Pilihlah produk dari merek terpercaya untuk memastikan daya tahan dan kinerja yang baik. Jika Anda belum menemukan pilihan yang tepat, Anda dapat mengunjungi situs resmi produsen atau toko peralatan elektronik terpercaya. Dengan merawat mixer dengan baik, Anda dapat memastikan alat ini akan tetap berfungsi dengan optimal dalam jangka waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *