Wisata Edukasi Pejambon, Destinasi Desa yang Cocok untuk Keluarga Berlibur

0
471
Menteri Abdul Halim Iskandar di lokasi WEP/Sumber: Facebook/Abdul Halim Iskandar

Wisata-wisata berbasis desa mulai banyak bermunculan di Bojonegoro. Salah satunya adalah Wisata Edukasi Pejambon (WEP) di Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. WEP dikelola oleh desa dan mendapat perhatian serius dari pemerintah kabupaten hingga pemerintah pusat.

Pada Jumat 25 September 2020 lalu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meresmikan WEP tersebut. Peresmian dihadiri Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah dan masyarakat sekitar. Menteri Abdul Halim Isakandar didampingi istri, Lilik Umi Nashia.

Dikutip dari laman pemerintah desa Pejambon, desa ini memang punya banyak prestasi. Dari tahun 2013 hingga 2018, Desa Pejambon meraih 11 prestasi.

  1. Juara II ( Dua ) Lomba Tertib Administrasi Dan Kearsipan tahun 2015
    tingkat Kabupaten Bojonegoro.
  2. Juara II ( dua ) Lomba Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM) tahun 2015 tingkat Bakorwil Bojonegoro.
  3. Juara II ( Dua ) Lomba Desa Tahun 2016 Tingkat Kabupeten Bojonegoro
  4. Juara II ( Dua ) Lomba Gerakan Desa Sehat dan Cerdas Tahun 2016 tingkat Kabupaten Bojonegoro.
  5. Juara III ( Tiga) Lomba Gerbang Bojonegoro Bersinar Tahun 2016 tingkat Kabupaten Bojonegoro.
  6. Juara I ( satu ) Lomba Desa Open Government tahun 2016 Tingkat Kabupaten Bojonegoro.
  7. Juara Harapan I Lomba perpustakan Desa tahun 2017 tingkat Jawa Timur.
  8. Desa terbaik I ( satu ) dalam pengelolaan Dana Desa tahun 2017 tingkat Kabupaten Bojonegoro.
  9. Penghargaan Kepala Desa sebagai Pelopor Desa Terbuka tahun 2017
  10. Juara I ( satu ) Lomba Desa Terinformatif tahun 2017 tingkat Jawa Timur.
  11. Desa terbaik I ( satu ) dalam kategori Layanan Informasi dan Transfaransi Publik tingkat kabupaten Bojonegoro Tahun 2018.
Master plan wisata edukasi Pejambon

Apa itu wisata edukasi

Wisata edukasi atau wisata pendidikan adalah suatu kegiatan atau perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan. Di sini juga terdapat aktivitas edukasi atau pendidikan. Ada banyak kegiatan wisata edukasi yang bisa dilakukan khususnya bagi anak-anak yang membutuhkan pembelajaran dunia luar. Wisata pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan dan kreativitas peserta kegiatan wisata. Biasanya tujuan wisata pendidikan adalah tempat-tempat yang memiliki nilai tambah sebagai sebuah area wisata, seperti perkebunan, tempat penangkaran hewan langka, atau tempat bersejarah serta pusat penelitian dan lain sebagainya.

Fasilitas di Wisata Edukasi Pejambon (WEP)

Wisata Edukasi Pejambon (WEP) mempunyai banyak fasilitas. Fasilitas itu dibikin Pemerintah Desa secara bertahap. Berikut fasilitas WEP sebagaimana dikutip dari laman pejambon-bjn.desa.id:

  1. TAMAN “ BESTARI “ (2018 )

Nama Taman Desa bestari adalah kepanjangan dari kata “Bersih sehat tertata Rapi“. Ini merupakan gambaran semangat masyarakat dan pemerintah Desa dalam mewujudkan tempat indah dengan harapan taman ini menjadi tempat liburan bagi masyarakat desa Pejambon dan sekitarnya.

Wisata ini pada akhirnya dapat mengundang para wisatawan untuk datang ke Taman Desa Bestari Desa Pejambon. Dampaknya ada orang usaha di sekitar sehingga pembangunan taman Bestari bias menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Desa Pejambon.

  1. MUSEUM PERTANIAN ( 2019 )

Museum ini diharapakan menjadi wisata edukasi bagi masyarakat di sekitar Desa Pejambon khususnya anak anak didik atau siswa sekolah. Tujuannya agar mengetahui bahwa pada jaman dahulu ada alat alat pertanian yang sekarang telah banyak yang tidak terpakai akibat perkembangan zaman dan tergerus alat alat mesin.

Adanya konsep museum pertanian ini mendapat sambutan dari masyarakat sisa sisa peralatan tempo dulu yang masih berada di masyarakat Desa Pejambon disumbangkan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dengan harapan musium pertanian desa Pejambon mengundang warga untuk dijadikan wisata edukasi ( pendidikan ).

  1. MINI ZOO ( Kebun Binatang Mini ) 2019

Mini zoo memang berkonsep sederhana dan kecil. Tidak banyak binatang sebagai penghuni dari mini zoo Desa Pejambon. Paling tidak kehadiran wisata ini mampu memberi warna beda karena Kebun binatang yang dikenal selama ini hanya berada di kota Surabaya, Tulungagung, dan Lamongan sehingga diharapkan Mini Zoo desa Pejambon hadir mewakili keinginan masyarakat sekitar Bojonegoro. Tujuannya agar tidak jauh jauh harus datang ke kota tersebut diatas cukup berwisata ke desa Pejambon.

  1. WISATA PELESTARIAN BUDAYA

Bersama sanggar Sastrowidjoyo Desa Pejambon Pokdarwis bekerja sama dengan Lembaga Kebudayaan Desa membuat wisata seni dan budaya berupa pelesetarian seni dan Budaya yang selama ini telah pelan pelan musnah ditelan majunya peradaban Tekhnologi Informasi.

Wisata ini selain menjadi tempat pelestarian mainan anak anak tempo dulu dan menjadi tempat belajar seni dan tari Sanggar sastrowidjoyo. Tempat ini diharapakan menjadi tempat penyambutan bagi para tamu desa atau para wista dari luar Desa Pejambon.

  1. REPLIKA RUMAH MOJOPAHIT.

Selain taman desa, Musium Pertanian, Mini zoo, dan sanggar sanggar pelestarian seni dan budaya Sastrowijoyo pemerintah desa melalui Lembaga Kebudayaan Desa dan Kelompok Sadar Wisata, juga berencana membangun Kampung Replika Mojopahitan, yang berisikan Rumah Tempo dulu, masakaan kas Mojopahit, barang Replica peninggalan kerjaan juga tentunya ada busana busana tempo dulu pakaian kerajaan Majaphit. Diharapakan Wisata ini member edukasi sejarah kepada pada pengunjung. (Isfa A.D)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here