Anton Indarno, Merawat Tradisi Krupuk Klenteng Khas Bojonegoro

0
70

Krupuk klenteng cukup legendaris di Kabupaten Bojonegoro. Krupuk klenteng rasa asli ini sudah berdiri sejak 1929. Berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, hanya beberapa meter dari klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro. Krupuk klenteng didirikan oleh Tan Tjian Liem dan Oei Hay Nio tahun 1929.

Banyak kisah mengiringi pendirian krupuk klenteng tersebut. Karena krupuk klenteng mengalami beberapa zaman, yakni sejak zaman penjajah Belanda, pendudukan Jepang, awal kemerdekaan, era reformasi hingga era digital. Anton Indarno adalah generasi ke-4 penerus usaha krupuk klenteng rasa asli.

Di tangannya, usaha krupuk klenteng berkempang cukup pesat. Dimulai dari rebranding, membuat logo, mematenkan nama, hingga melakukan uji laboratorium untuk kandungan krupuk. Kini, krupuk klenteng juga menggandeng jasa ojek online untuk pengiriman.

Bahkan, jika weekend, krupuk klenteng menjadi oleh-oleh khas Bojonegoro dan dibawa ke luar daerah. dariNOL mendapat kesempatan mewawancari Anton Indarno, generasi ke-4 penerus usaha krupuk klenteng rasa asli. Banyak kisah inspiratif disampaikan terkait sejarah krupuk klenteng serta sisi-sisi lain yang cukup menarik.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here